Nyamuk Paling Takut dengan Warna Apa? Ini Fakta Uniknya

| 23 Aug 2024 19:01
Nyamuk Paling Takut dengan Warna Apa? Ini Fakta Uniknya
Ilustrasi nyamuk. (Wikimedia Commons/JJ Harrison)

ERA.idNyamuk merupakan salah satu serangga yang hampir bisa ditemukan di setiap rumah, baik di dalam ataupun di luar ruangan. Tidak hanya menyerang di dalam ruangan, nyamuk juga meninggalkan bekas gatal dan bengkak di kulit kita ketika menggigit. Dalam kasus yang lebih buruk, spesies nyamuk tertentu dapat menyebabkan munculnya penyakit mematikan, misalnya malaria dan demam berdarah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami cara membasmi nyamuk dengan cepat. Salah satu cara mengusir nyamuk yang bisa dilakukan yaitu dengan warna. Lantas nyamuk paling takut dengan warna apa? Artikel kali ini akan membahas hal tersebut.

Nyamuk Paling Takut dengan Warna Apa?

Mengutip Tom's Guide, menurut para ilmuwan dari University of Washington, ada beberapa warna yang dapat mengusir nyamuk dan ada warna lain yang bisamenarik mereka.

Dalam studi yang diterbitkan di Nature Communications menjelaskan bahwa indera penciuman nyamuk, memengaruhi responsnya terhadap isyarat atau warna visual.

Namun, preferensi warna ini hanya terjadi jika terdapat karbon dioksida (CO2), yang kita hembuskan saat bernapas. Meskipun nyamuk merespons napas, keringat, dan suhu tubuh kita, menghilangkan warna yang menarik perhatian nyamuk dapat membantu menjauhkan mereka. Di bawah ini adalah beberapa warna yang dibenci nyamuk. Anda dapat memanfaatkan salah satu warna ini untuk mengusir nyamuk di rumah atau pekarangan.

Nyamuk paling takut dengan warna apa? (Pixabay)

Ungu

Ungu juga merupakan warna yang tidak disukai nyamuk. Ini terutama karena ungu memiliki panjang gelombang terpendek dari semua warna pada spektrum cahaya tampak. Ini berguna jika Anda memiliki pakaian berwarna ungu, atau jika warna tersebut termasuk dalam furnitur luar ruangan Anda.

Biru

Mengingat nyamuk tertarik pada warna yang lebih gelap, penelitian ini mengungkapkan warna biru tidak disenangi oleh nyamuk. Warna biru tua, warna biru yang lebih terang pada dasarnya memantulkan panas dan cahaya lebih banyak, yang tidak disukai nyamuk.

Putih

Umumnya, nyamuk menjauhi warna terang yang memantulkan panas. Itulah kenapa warna putih bisa menjadi pencegah nyamuk yang ideal.

Faktanya, warna putih adalah objek kontrol yang digunakan dalam penelitian ini. Tujuannya yaitu untuk memasangkan setiap warna di ruang uji dengan benda putih untuk membandingkan hasilnya. Penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa bahkan dengan CO2 yang disemprotkan di ruang uji, nyamuk menjauhi benda berwarna putih dan mendekati warna yang mereka sukai.

Hijau

Hal ini mungkin membuat kita bertanya-tanya, sebab nyamuk cenderung terbang di sekitar pekarangan rumah atau hinggap di tanaman. Namun, ternyata penelitian menunjukkan nyamuk akan berusaha menghindari warna hijau.

Selama penelitian berlangsung, seorang peneliti menaruh tangan kosong mereka di luar ruang uji, tempat nyamuk tertarik. Namun, saat peneliti yang sama memasukkan tangan mereka ke dalam ruang uji dengan menggunakan sarung tangan hijau, nyamuk mengabaikannya, dan terbang menjauhinya. Hal tersebut terjadi bahkan ketika disemprot dengan CO2 agar menarik mereka lebih banyak.

Demikianlah ulasan tentang warna yang ditakuti nyamuk. Meskipun demikian, agar lebih efektif, Anda tetap disarankan untuk membasmi nyamuk dengan cara yang lebih efektif agar terhindar dari risiko penyakit.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi