Dianggap Dukung Tindak Diskriminasi, Penggemar Desak Agensi Batalkan TWICE Jadi Duta Skincare Indonesia

| 18 Oct 2021 14:35
Dianggap Dukung Tindak Diskriminasi, Penggemar Desak Agensi Batalkan TWICE Jadi Duta Skincare Indonesia
TWICE duta Scarlett (dok. Scarlett Whitening)

ERA.id - Girl group TWICE baru saja resmi menjadi brand ambassador atau duta untuk brand skincare asal Indonesia, Scarlett Whitening, pada Jumat (15/10/2021). Sayang, kabar ini nyatanya tidak disukai dan menimbulkan kontroversi di sebagian kalangan penggemar.

ONCE (sebutan penggemar TWICE) meminta agensi yang menaungi idola mereka, JYP Entertainment untuk membatalkan kontrak kerja sama dengan brand tersebut. Hal ini lantaran brand itu mengedepankan pemakaian skincare untuk pemutih, yang sangat tercermin pada nama mereknya.

Dilansir dari Koreaboo, penggemar merasa keputusan TWICE jadi duta brand tersebut sangatlah tidak tepat. Dengan ini secara tidak langsung, TWICE dianggap ikut andil dalam menjalankan gerakan diskriminasi.

Seperti diketahui, produk pencerah kulit saat ini tengah menjadi perdebatan secara global karena dinilai memperkuat diskriminasi berdasarkan warna kulit seseorang. Beberapa merek besar di industri kosmetik juga sudah menarik produk pemutih dari pasaran setelah gerakan #BlackLivesMatter gencar dikampanyekan.

Para penggemar grup beranggotakan 9 orang itu pun mengirimkan email massal ke agensi. Mereka menyatakan kerja sama dengan brand Scarlett Whitening membuat para fans khususnya yang tidak berasal dari ras kulit putih kecewa.

"Kamu menemukan bahwa tidak etis TWICE melakukan promosi brand dengan produk pemutih kulit, sementara mereka memiliki penggemar dengan kulit yang lebih gelap," pesan penggemar ke agensi.

Penggemar meminta agensi untuk mempertimbangkan kembali akan kontrak kerja sama tersebut. Jika dilanjutkan, mereka khawatir TWICE akan memiliki citra yang buruk dan menyakiti hati para penggemar mereka.

"Kami meminta agensi untuk mempertimbangkan dan berpikir lagi tentang membatalkan kontrak kerja sama dengan brand itu, sebagaimana itu bisa tidak hanya merusak citra para member, tetapi juga menyakiti penggemar yang mereka miliki," lanjutan pesan penggemar.

Sejak kontroversi ini mencuat, agensi belum memberikan klarifikasi atau tanggapan apapun. Namun, mereka menghapus unggahan mengenai kontrak iklan dengan Scarlett Whitening di Twitter resmi TWICE, @jypetwice.

Rekomendasi