Liburan Versus Beli Mainan, Manakah Hadiah yang Lebih Baik untuk Anak?

Hadiah terbaik untuk anak (Unsplash.com)

ERA.id - Untuk memberikan anak kebahagiaan, orang tua memiliki banyak cara yang bisa dilakukan, termasuk mengajak anak liburan dan memberi mereka mainan. Namun, nyatanya di antara kedua pilihan tersebut ada yang lebih baik diberikan untuk anak, lho.

Ternyata mengajak anak pergi liburan lebih baik daripada memberi anak mainan. Hal ini dikemukakan oleh perawat anak dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Ns. Efa Apriyanti, S.Kep., M.sc.

"Hadiah terbaik bagi anak dan hadiah terbaik dari orang tua untuk anak, to be honest ya liburan rather than toys atau mainan," ujar Efa, saat webinar pada Kamis (16/12/2021).


Efa menyatakan bahwa saat berlibur dengan anak, kedekatan anak dengan orang tua akan lebih terjalin dengan banyaknya hal berbeda terjadi dari yang biasanya.

"Pada saat liburan kita breaking up the norm. Jadi, kalau biasanya banyak ngomong 'nggak' ke anak, saat liburan cenderung easy atau lebih mudah, lebih sering bilang 'yes'," jelasnya.

Dengan demikian, ikatan antara orang tua dengan anak akan semakin baik dan lebih memahami satu sama lain. Sifat orang tua yang biasa ditunjukkan di kesehariannya cenderung akan berubah saat liburan bersama anak mereka.

"Saat kita liburan nature kita untuk bermain lebih keluar. Kalau tadinya ibu bawaannya straight (tegas), saat liburan mungkin bisa menyanyi merdu yang menghibur anaknya. Bapak yang biasanya tegas, bisa jadi partner asik menemani anak bermain," tutur Efa.

Lebih lanjut, Efa menuturkan dengan memberikan anak liburan akan memberikan mereka momen berharga dalam hidup. Momen berharga tersebut bisa menjadi kenangan yang diingat kembali oleh anak saat mereka melewati masa sulit di kemudian hari.

"Ketika memberikan liburan, maka akan menjadi memori yang bahkan membantu mereka melewati masa-masa sulit," pungkasnya.

Tag: orang tua Hadiah untuk anak

Bagikan: