Menyusun Anggaran untuk Liburan Akhir Tahun Agar Pengeluaran Tidak Tekor

| 02 Oct 2023 22:05
Menyusun Anggaran untuk Liburan Akhir Tahun Agar Pengeluaran Tidak Tekor
Menyusun anggaran untuk liburan akhir tahun (unsplash)

ERA.id - Bagi sebagian orang, liburan akhir tahun adalah saat yang ditunggu-tunggu dengan penuh kegembiraan. Namun, agar rencana berjalan lancar Anda harus menyusun anggaran untuk liburan akhir tahun agar tidak membengkak.

Menyusun anggaran untuk liburan akhir tahun adalah kunci untuk menghindari pengeluaran berlebihan dan memastikan kita dapat menikmati momen-momen berharga tanpa khawatir tentang keuangan.

Dalam artikel ini, akan dibahas langkah-langkah praktis dalam menyusun anggaran liburan akhir tahun sehingga Anda dapat merencanakan liburan yang sempurna tanpa membebani dompet Anda.

tentukan seberapa banyak yang ingin Anda belanjakan (unsplash)

Menyusun Anggaran untuk Liburan Akhir Tahun

  1. Patuhi Anggaran Liburan

Pendekatan terbaik dalam mengatur pengeluaran liburan adalah menetapkan anggaran dan berusaha keras untuk mengikutinya. Maka tentukan seberapa banyak yang ingin Anda belanjakan dan seberapa banyak yang bisa Anda bayar sebelum Anda mulai berbelanja.

Hitunglah barang-barang dan besaran harganya yang ingin Anda beli. Dari situ, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang berapa banyak lagi yang bisa Anda belanjakan dengan nyaman.

  1. Jangan Terburu-buru Belanja

Toko-toko memang dirancang untuk membujuk Anda untuk membeli lebih dari yang Anda inginkan terutama selama liburan.

Anda mungkin akan terbujuk ketika para penjual mencoba meyakinkan Anda bahwa barang yang sedang dijual bukan hanya nilai, tetapi juga sesuatu yang harus Anda miliki.

Untuk itu, patuhi daftar oleh-oleh yang ingin Anda beli. Namun jika Anda melihat hadiah tak terduga yang terlalu bagus untuk dilewatkan, maka belilah sebagai pengganti sesuatu yang lain yang telah Anda rencanakan.

  1. Berbelanja dengan Harga Terbaik

Meskipun Anda tidak harus menetapkan anggaran liburan Anda dengan harapan mendapatkan diskon besar, namun penawaran atas barang diskon dapat memperluas anggaran Anda lebih jauh.

Anda akan merasa lebih baik mengetahui bahwa Anda tidak mengeluarkan banyak uang, sehingga Anda tidak akan merasa bersalah jika Anda melakukan pembelian berlebih.

Akan tetapi, tentu saja, berpindah dari satu toko ke toko lain dengan harapan menghemat, namun dapat membuat Anda berisiko membeli hal-hal yang tidak Anda butuhkan.

  1. Pertimbangkan Oleh-Oleh

Jika anggaran liburan Anda ternyata lebih ketat dari yang diharapkan, maka pertimbangkan jenis hadiah alternatif yang lebih murah dan seringkali lebih bermakna.

Anda dapat membuat sekaleng kue, atau bahkan tawarkan diri untuk membawa teman Anda makan malam setelah liburan. Dalam banyak hal, hadiah-hadiah tersebut lebih dihargai dan diingat daripada hadiah yang dibeli di toko.

  1. Jangan Lupakan Biaya Liburan Lainnya

Selain hadiah, liburan membuat pengeluaran lain yang membuat penyusunan anggaran menjadi tantangan. Semua biaya ekstra akan menumpuk dan membuat liburan lebih mahal daripada yang Anda perkirakan.

Untuk itu, Anda harus menentukan anggaran untuk pengeluaran lainnya dan berikan diri sedikit ruang karena harga barang mungkin akan lebih tinggi. Selain itu, juga siapkan diri untuk memotong anggaran sesuai kebutuhan.

  1. Rencanakan Setelah Liburan

Setelah liburan, Anda akan kembali pada pengeluaran bulanan normal. Sebagai contoh, Anda mungkin telah menggunakan tabungan atau menghabiskan sebagian dari anggaran untuk bulan Januari di bulan Desember. Hal tersebut membuat Anda merasa terbatas uangnya untuk memulai tahun yang baru.

Selain menyusun anggaran untuk liburan akhir tahun, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi