Persiapan Liburan Akhir Tahun dan Natal, Pastikan Beberapa Hal Berikut

| 19 Nov 2023 22:00
Persiapan Liburan Akhir Tahun dan Natal, Pastikan Beberapa Hal Berikut
Persiapan liburan akhir tahun (unsplash)

ERA.id - Akhir tahun semakin mendekat, kini saatnya merencanakan liburan akhir tahun yang penuh kenangan bersama orang terkasih. Lantas apa saja persiapan liburan akhir tahun yang perlu dilakukan?

Artikel ini akan membahas persiapan dan ide-ide menarik untuk membuat liburan akhir tahun Anda tak terlupakan.

Persiapan Liburan Akhir tahun

  1. Merefleksikan Tahun-Tahun Sebelumnya

Sebelum Anda mulai mempersiapkan liburan tahun ini, renungkan kembali pada tahun lalu (atau bahkan beberapa tahun sebelumnya). Lihatlah foto untuk membantu mengingat apa yang Anda nikmati.

Kemudian buat daftar kegiatan hal yang berjalan dengan baik dan tradisi apa yang ingin Anda lanjutkan.

Anda juga dapat memikirkan apa yang tidak berjalan dengan baik. Kemudian tentukan bagian  mana yang dapat Anda perbaiki dari tahun lalu dan tuliskan hal-hal tersebut juga.

  1. Rencanakan Dengan Baik

Kita semua tahu bahwa musim liburan adalah waktu yang sibuk. Selain dari jadwal normal kehidupan sehari-hari, ada banyak hal lain yang perlu diingat. Untuk membantu mengurangi kekacauan, temukan tempat untuk menyimpan semua informasi yang Anda butuhkan selama tahun ini.

  1. Tetapkan Anggaran

Kita semua tahu bahwa liburan Natal dan tahun baru bisa menjadi mahal. Antara memilih hadiah, dekorasi, kartu, dan pakaian. Hal tersebut membuat terasa seperti kita terus-menerus mengeluarkan uang. Untuk itu, putuskan sejak awal berapa anggaran yang akan Anda terapkan.

Selain itu, pertimbangkan cara-cara untuk menghemat uang biaya liburan Anda. Dengan demikian berarti Anda dapat mengurangi jumlah hadiah yang diberikan kepada anak-anak Anda. Untuk itu cobalah ide memberikan hanya empat hadiah: sesuatu yang Anda inginkan, sesuatu yang Anda butuhkan, sesuatu untuk dibaca, dan sesuatu untuk dikenakan.

putuskan sejak awal berapa anggaran liburan (unsplash)

Anda juga bisa mempertimbangkan memberikan hadiah buatan sendiri kepada tetangga, teman, guru, dan pekerja yang sering Anda temui (kurir, petugas kebersihan dll.). Produk rumahan atau proyek kerajinan tangan adalah tanda perhatian yang sangat berarti.

Terakhir, jika keluarga Anda biasanya memberikan hadiah kepada semua orang (sepupu, saudara, keponakan, dan keponakan perempuan, dll.) maka coba usulkan untuk mengubahnya.

Anda dapat memberikan hadiah hanya kepada anak-anak atau Anda bisa melakukan sistem pengundian nama sehingga setiap orang memberikan dan menerima hanya satu hadiah.

  1. Pakaian untuk Liburan

Hal penting lainnya dalam mempersiapkan liburan adalah membeli pakaian. Pastikan Anda atau anggota keluarga  memiliki apa yang mereka butuhkan,  sehingga Anda tidak harus berjuang melawan kerumunan liburan pada menit-menit terakhir mencari sepatu atau celana.

Pastikan bahwa setiap orang memiliki setidaknya dua set pakaian siap pakai, terutama jika Anda tidak yakin dengan rencana liburan. Dengan demikian, jika ada acara mendadak Anda tidak perlu khawatir tentang apa yang akan dipakai.

  1. Coba sesuatu yang baru

Tradisi liburan tahunan memang bagus, tetapi terkadang keluarga Anda akan merasa terjebak dalam kebiasaan yang sama dan terpaksa merayakan liburan dengan cara yang sama setiap tahun.

Tradisi liburan bisa membuat keluarga mengalami kebosanan liburan. Untuk itu coba pikirkan tentang cara baru untuk merayakan musim liburan tahun ini. Bisa jadi Anda mungkin saja menciptakan tradisi baru yang akan terus berlanjut selama beberapa generasi!

Selain persiapan liburan akhir tahun, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi