Usai Dihujat Gegara Sebut Timnas Indonesia Lebay, Ardes Goenawan Akhirnya Minta Maaf: Mengutarakan Pendapat dalam Kacamata Objektif

| 28 Dec 2021 11:15
Usai Dihujat Gegara Sebut Timnas Indonesia Lebay, Ardes Goenawan Akhirnya Minta Maaf: Mengutarakan Pendapat dalam Kacamata Objektif
Ardes Goenawan (Foto: Instagram/@ardesgoenawan)

ERA.id - Presenter Ardes Goenawan akhirnya meminta maaf pasca merendahkan Timnas Indonesia bahkan menyebut selebrasinya lebay. Ia juga menyebut Indonesia tak bakal menang di ajang AFF 2020. Menurutnya, permainan Timnas tak layak dirayakan meski sudah lolos ke final Piala AFF 2020.

Tak hanya itu, Ardes Goenawan juga berharap Thailand atau Vietnam bisa mengalahkan Timnas Indonesia di babak final Piala AFF 2020. Sayangnya, pernyataannya itu menuai kontroversi dan kecaman masyarakat Indonesia. Pasca dihujat oleh netizen, Ardes Goenawan akhirnya meminta maaf.

Melalui Instagram Stories-nya, Ardes Goenawan mengaku tak membenci netizen yang menghujatnya. Ia juga meminta maaf jika ada netizen, terutama Timnas Indonesia apabila sakit hati melihat kritikan pedasnya.

Permintaan maaf Ardes Goenawan (Foto: Instagram Stories/@ardesgoenawan)
Permintaan maaf Ardes Goenawan (Foto: Instagram Stories/@ardesgoenawan)

"Just because I disagree with you, that DOES NOT mean I hate you (Hanya karena aku tidak sependapat denganmu, BUKAN berarti aku membencimu)," tulisnya di akun Instagram Stories @ardesgoenawan

"MOHON MAAF kalau ada sebagain teman-teman yang merasa sakit hati karena komentar saya terkait sepak bola khususnya mengenai Tim Nasional sepak bola Indonesia," lanjutnya.

Lebih lanjut, presenter TV ini mengaku hanya mengungkapkan pendapatnya berdasarkan kacamata objektif. Ia juga tak mau merendahkan Timnas Indonesia yang sudah berjuang di AFF 2020.

"Saya hanya berusaha mengutarakan pendapat bahwa dalam kacamata objektif secara permainan harus diakui Thailand dan Vietnam lebih unggul dari Indonesia. Tidak ada maksud untuk merendahkan perjuangan pelatih, staf, dan para pemain Timnas," katanya.

Pria berusia 29 tahun ini juga mengungkapkan maksudnya soal menjagokan negara lain ketimbang Indonesia. Menurutnya, ini demi kebaikan dan kemajuan sepak bola Tanah Air. Namun, ia tak masalah jika Indonesia memenangkan AFF 2020.

Ardes Goenawan (Foto: Instagram/@ardesgoenawan)
Ardes Goenawan (Foto: Instagram/@ardesgoenawan)

"Mengenai kubu mana yang saya dukung, saya juga bukan fan Thailand, Singapore maupun Vietnam. Di satu sisi, saya berharap mereka menang supaya timnas kita bisa dibenahi lagi dan ada investasi perhatian yang besar dari pusat kepada sektor sepakbola yang SANGAT POTENSIAL," ungkapnya.

"Di sisi lain, bagaimana kalau Indonesia menang??? It's good. Tapi bukan berarti kendor & tenggelam dalam euforia sesaat, harus terus berjuang dan meningkat at least sampai level Asia bersaing dengan Jepang dan Korea," lanjutnya.

Ardes Goenawan juga memahami adanya perbedaan pendapat dirinya dengan orang lain. Makanya, ia meminta netizen untuk saling menghargai pendapat orang lain. Ia juga menyampaikan permohonan maaf apabila ada orang yang setuju dengan pendapatnya.

"Mungkin terdapat selisih cara penyampaian, gesture & persepsi di antara kita. Mungkin juga ada selisih pendapat. Kita sama-sama belajar untuk menghargai perbedaan dan setuju untuk tidak setuju yah," katanya.

"Perbedaan justru seharusnya MENGUATKAN kita untuk saling menajamkan satu sama lain. Saling memberikan rnasukan secara asertif. Sekali lagi mohon maaf untuk seluruh pihak yang merasa terganggu oleh komentar saya kemarin di Instagram. Tuhan memberkati kita semua," lanjutnya.

Rekomendasi