Richard Lee Ditahan, Dokter Tirta Bandingkan Kasus Kabur Karantina: Lebih Bahaya Akses Ilegal ke Medsos Ya?

| 28 Dec 2021 17:25
Richard Lee Ditahan, Dokter Tirta Bandingkan Kasus Kabur Karantina: Lebih Bahaya Akses Ilegal ke Medsos Ya?
Dokter Tirta (Foto: Instagram/@dr.tirta)

ERA.id - Dokter kecantikan sekaligus influencer Richard Lee ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya sejak Senin (27/12/2021) malam hari. Ia ditahan atas dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Penangkapan Dokter Richard Lee membuat banyak orang kecewa, salah satunya influencer Tirta Mandia Hudhi alias Dokter Tirta. Lewat Instagram pribadinya, Dokter Tirta mengatakan Dokter Richard Lee tidak pantas untuk ditahan. Sebab, Dokter Richard Lee memberikan manfaat dengan edukasi produk kecantikan.

Dokter Richard Lee ditangkap (Foto: Instagram/@dr.tirta)
Dokter Richard Lee ditangkap (Foto: Instagram/@dr.tirta)

"@dr.richard_lee @dr.richardlee_official merupakan dokter yg hobi edukasi produk kecantikan dan bermanfaat buat publik. Lalu ditahan atas kasus "akses ilegal" dimedsosnya, yang terkait kasus utamanya. Dia dokter. Edukasi. Nggak ada pertimbangan lain gitu ndan? Apakah dia potensi kabur? Saya rasa tidak," tulisnya.

Dokter Tirta juga menandai akun Instagram Polda Metro Jaya untuk menjawab pertanyaannya. Ia merasa heran dengan penahan Dokter Richard Lee yang dinilai sangat tidak jelas. Menurutnya, dngan adanya kasus ini, membuat para dokter takut memberikan edukasi.

"Izin jenderal, akses ilegal medsos yang dilakukan beliau masih terkait kasus awal beliau. Nggak ada kebijakan lain begitu? @kapoldametrojaya @poldametrojaya," katanya.

"Kalo beliau ditahan? Apakah ini tidak membuat dokter laen menjadi takut edukasi mengenai produk kecantikan? Coba sebutkan dokter yang berani edukasi mengenai produk kencantikan setegas beliau? Sedikit yang bernyali," lanjutnya.

Diunggahan selanjutnya, Dokter Tirta juga menjelaskan tugas dari dokter. Menurutnya, Dokter Richard Lee yang memberikan edukasi sudah menjalankan tugasnya sebagai dokter kecantikan.

Dokter Tirta komentari Richard Lee ditangkap (Foto: Instagram/@dr.tirta)
Dokter Tirta komentari Richard Lee ditangkap (Foto: Instagram/@dr.tirta)

"Kami. Dokter melakukan tugas, seperti pak polisi melakukan tugasnya. Kami dokter ada 4 fungsi : preventif, promotif, kuratif dan rehabalititatif. Edukasi jelas kami lakukan, sebagai rangkaian 2 hal : preventif dan promotif, daripada warga mendapatkan krim yg salah dan jadi alergi masif," ungkapnya.

Dokter Tirta juga membandingkan kasus Dokter Richard Lee dengan Rachel Vennya yang kabur dari karantina. Tetapi, Rachel Vennya justru nggak ditahan dengan alasan sopan.

"Kasus karantina kabur aja bebas karena sopan, dan dulu nggak ditahan juga pas mau sidang. Bener begitu kah ndan? Lebh bahaya akses ilegal ke medsos ya? Daripada kabur karantina? Maturnuwun bapak polisi semua,"

"Jangan baper ya kalo dikritik. Sekedar mengingatkan, bapak polisi sendiri ada "restorative justice lhoh" nggak berlaku ya buat @dr.richardlee_official?" lanjutnya.

Rekomendasi