Perankan Penyintas Pelecehan Seksual, Indah Permatasari Ungkap Pernah Mengalaminya Sendiri

| 07 Jan 2022 09:24
Perankan Penyintas Pelecehan Seksual, Indah Permatasari Ungkap Pernah Mengalaminya Sendiri
Indah Permatasari (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Indah Permatasari berperan sebagai seorang perempuan penyintas pelecehan seksual di film Dear Nathan: Thank You Salma. Meski hanya peran, Indah mengungkapkan bahwa karakter tersebut mengingatkannya ke masa lalu, di mana ia juga pernah mengalami sendiri pelecehan seksual.

Istri Arie Kriting menyebut bahwa ketika ditawari peran tersebut, dirinya tidak berpikir panjang dan langsung menyetujui. Ia mengaku pernah mengalami pelecehan seksual saat masih kecil, sehingga merasa dengan membintangi film itu, ia bisa menyuarakan tentang isu sosial yang jadi momok bagi perempuan.

"Langsung mau, karena background story, side story dari Dear Nathan: Thank You Salma ini tentang pelecehan seksual. Kebetulan sekali aku juga pernah mengalami itu ketika kecil. Jadi aku sangat connect banget sama karakter Zana (nama perannya). Ini bisa menjadi perwakilan rasa dari perempuan-perempuan," ungkap Indah, saat konferensi pers di XXI Epicentrum, Jakarta, pada Kamis (6/1/2022).

Indah menjelaskan bahwa pelecehan seksual dialaminya saat berusia 12 tahun. Hal itu terjadi saat dirinya bermain dan ada seorang bapak yang secara tiba-tiba memegang bagian payudaranya.

"Jadi waktu kecil, jalan di depan rumah naik sepeda, tiba-tiba ada bapak-bapak dia naik motor, tiba-tiba megang dada aku gitu. Itu umur aku 12 tahun. Jadi, itu pengalaman yang mengagetkan juga di usia yang sangat muda. Tapi sekarang aku sudah bisa berdamai dan membicarakan hal ini," tuturnya.

Lebih lanjut, Indah berharap lewat perannya sebagai Zana, ia bisa mewakili perasaan perempuan Indonesia yang pernah mengalami pelecehan seksual. Ia berharap aktingnya memerankan Zana bisa mewakili diterima dengan baik.

"Isunya banyak sekali dialami oleh wanita di Indonesia. Bagaimana aku bisa mewakili perasaan-perasaan perempuan ini, lewat Zana gitu. Aku berharap sih, aku bisa memainkan dengan baik dan teman-teman bisa merasakan hal yang sama lewat si Zana ini," pungkas Indah Permatasari.

Rekomendasi