Selain Ashanty, Ada 6 Orang Lain Dalam Rombongan yang Juga Terpapar Covid-19, Siapa Saja?

| 07 Jan 2022 13:15
Selain Ashanty, Ada 6 Orang Lain Dalam Rombongan yang Juga Terpapar Covid-19, Siapa Saja?
Ashanty positif omicron (instagram/ashanty_ash)

ERA.id - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi membenarkan adanya keluarga Ashanty lainnya yang juga terpapar Covid-19. Sedikitnya ada enam orang dari rombongan Ashanty yang ikut terpapar Covid-19 sepulang dari Turki.

"Ada enam dari 13 rombongan ya," kata Nadia saat dikonfirmasi tim Era.id, Jumat (7/1/2022).

Nadia mengatakan, enam dari 13 orang dalam rombongan tersebut positif Covid-19. Selanjutnya, sampel positif keenam orang tersebut akan dilanjutkan dengan pemeriksaan tes polymerase chain reaction (PCR) dengan metode S-gene target failure (SGTF) dan Whole Genome  Sequencing (WGS).

Pemeriksaan dengan metode SGTF dan WGS tersebut untuk mengetahui apakah keenam orang tersebut terpapar Varian Omicron atau tidak. Sementara itu, Ashanty sebelumnya sudah lebih dulu dikonfirmasi positif Covid-19 dan menjalankan perawatan di sebuah rumah sakit.

Dalam unggahan di Instagram-nya, Ashanty mengatakan bahwa dirinya dinyatakan positif Covid-19 setelah tiba di Indonesia. Ashanty sempat mampir ke hotel tempat karantina sebelum mengetahui hasil PCR-nya menunjukkan positif.

Setelahnya dia pun langsung bergegas mengunjungi rumah sakit sesuai dengan rujukan dari Satgas Covid-19. Hal ini lantaran Ashanty memiliki penyakit bawaan dan tidak ingin menularkan ke orang lain.

"Saya menunggu hasil PCR dari Bandara dan ternyata positif, langsung saya ke RS untuk karantina di RS yang sudah disetujui oleh tim Satgas Covid. Dikarenakan saya punya penyakit autoimune dan demi keselamatan bersama saya isolasi di RS," kata Ashanty.

Hingga kini belum diketahui siapa saja enam orang yang dinyatakan positif Covid-19 selain Ashanty.

Rekomendasi