Asal Nyeletuk Bilang Gala Terlalui Didewakan, Begini Klarifikasi Denny Sumargo

| 10 Jan 2022 18:23
Asal Nyeletuk Bilang Gala Terlalui Didewakan, Begini Klarifikasi Denny Sumargo
Klarifikasi denny sumargo (Instagram/sumargodenny)

ERA.id - Pebasket sekaligus YouTuber Denny Sumargo memberikan klarifikasi terkait pernyataannya tentang Gala Sky. Denny yang semula menyebut Gala Sky terlalu didewakan memicu pro dan kontra di kalangan netizen.

Melalui Instagram Story miliknya Denny Sumargo buka suara mengenai maksud dari ucapannya yang menimbulkan pro dan kontra. Denny menyebut seluruh bantuan dan juga hal-hal baik yang diberikan banyak orang sudah menjadi takdir Tuhan untuk Gala.

Tetapi Denny tak menampik bahwa semua bantuan baik donasi ataupun hal-hal lain yang diterimanya akan menjadi beban moral bagi Gala. Di mana di masa mendatang saat Gala sudah besar akan menghadapi ujian dan juga sorotan dari banyak pihak.

"Maksud kalimat ku adalah semua exposure dari dua belah pihak untuk Gala saat remaja itu beban besar buat Gala. Bagaimana dia menghadapi omongan hidup dia dari orang yang nggak suka dibilang hasil donasi, lu mah ketolong netizen aja, dan lain-lain," tulis Denny Sumargo.

Lalu, kata Denny, saat putra Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah tumbuh menjadi dewasa tidak menutup kemungkinan dia akan berbuat salah. Hal ini tentu akan menjadi salah satu pusat perhatian masyarakat yang akan menilai dan mengkritisi apa pun yang dilakukan Gala.

"Kan nggak mungkin Gala nggak berbuat salah sebagai manusia, belum lagi efek kesalahan yang Gala sebagai manusia bisa lakukan, yang nanti orang-orang yang tidak bersetuju atau tidak suka. Efeknya seperti apa, maupun banyak dukungan untuk dia. Toh ujung-ujungnya dia sendiri yang akan menjalani hidupnya," tegas Denny.

Disebutkan oleh Denny kondisi Gala saat ini masih sangat kecil dan belum mengerti sorotan yang dia terima. Bahkan efek dari keadaan Gala sekarang pun masih belum dia mengerti. Menurutnya saat ini yang diperlukan oleh Gala adalah sikap yang tidak berlebihan, empati, dan dukungan yang dewasa untuk kehidupannya di masa depan.

Selain itu, Denny juga menyoroti tentang rencana tes DNA dan juga aib dari kedua orang tua Gala yang terus-menerus dibongkar. Menurut Denny hal itu akan menimbulkan stres ketika Gala sudah dewasa dan bisa membaca situasi yang dialaminya.

"Yang dia perlukan adalah sikap yang tidak berlebihan dan empati dan dukungan yang dewasa untuk hidupnya ke depan, dan semua exposure tes dna dan aib ibunya dan keluarganya yang dicampuri semua orang, apa itu tidak membuat dia stres saat remaja? Itu maksudku, kata mendewakan adalah berhenti mengekspose hidup dan aib kedua orang tuanya," tegasnya.

Lebih lanjut Denny Sumargo meminta agar kedua belah pihak keluarga berhenti untuk bertikai dan menyelesaikan semua yang terjadi dengan dewasa. Dengan penyelesaian yang dewasa, Gala nantinya bisa tumbuh dan belajar dengan mencontoh sikap yang baik tanpa rasa kebencian.

"Tolong kasih sikap yang dewasa supaya dia belajar mencontoh sikap itu, bukan besar dengan kebencian," tutupnya.

Sebelumnya Denny Sumargo sempat mengeluarkan pernyataan yang menimbulkan pro dan kontra ketika membuat podcast bersama Marrisya Icha beberapa waktu lalu. Dalam pernyataan itu, Denny menyebut ada banyak anak yang kondisinya lebih buruk daripada Gala.

Tetapi belakangan ini masyarakat justru hanya terfokus dengan Gala dan seolah mendewakannya dengan berbagai cara. Pernyataan itu pun langsung menuai beragam reaksi dari banyak pihak, termasuk Emma Waroka, kerabat Vanessa Angel.

"Si Gala itu kasihan. Si Gala itu butuh ini, tapi kita juga tidak boleh memungkiri banyak anak di luar sana yang mungkin kondisinya lebih kasihan daripada Gala. Jangan kita terlalu terfokus akan satu hal sehingga membuat si anak ini merasa didewakan," kata Denny Sumargo saat itu.

Rekomendasi