Five Vi Ingatkan Umat Muslim Tak Sujud ke Orang Tua: Jangan Sampai Terjerumus Kesyirikan...

Tim Editor

Five Vi

ERA.id - Sungkem atau bersimpuh adalah cara yang jamak kita ketahui untuk menghormati bapak dan ibu kita atau lebih tepatnya orang tua.

Namun apa jadinya bila bentuk penghormatan itu dianggap bisa mejerumuskan umat muslim ke kesyirikan?

Hal tersebut disampaikan oleh mantan artis yang kini telah berhijab, Five Vi Rachmawati. Eks pemain film yang kerap berbusana seksi itu bilang jangan bersujud kepada orang tua.


Menurutnya, Allah lebih pantas mendapat sujud kita daripada orang tua. Hal tersebut diutarakan lewat konten Instagramnya.

Di sana, ia juga menukilkan hadist yang diriwayatkan Tirmidzi. "Seandainya aku boleh menyuruh seorang manusia untuk bersujud kepada manusia lainnya, niscaya akan aku suruh seorang wanita untuk bersujud kepada suaminya."

Lalu apa tulisan lengkap Five Vi saat menjelaskan konten yang memicu kontroversi tersebut? Ini dia.

"Bismillah, Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh.. Apakah begini cara berbakti pada orang tua? Bukankah Allah Robbul ‘alamin yang lebih pantas kita sembah dan sujud syukuri? Adakah ada perintah dari Allah dan RosulNya ajarkan? ataukah justru larangan? Agama berdasarkan dalil dari A-Qur’an dan Hadist, bukan dari perasaan (syahwat) dan akal, jangan sampai kita terjerumus pada kesyirikan, atau kekufuran terhadap nikmat Allah yang telah berikan pada kita, Nauzubillahiminzalik."

Terakhir, ia bilang kalau konten dakwah yang diunggahnya adalah nasihat bagi umat muslim.

"Nikmat berupa apapun itu, nikmat kemenangan, nikmat sukses, nikmat orang tua yg mendidik kita dengan baik, nikmat sehat, nikmat nafas, semua Allah Ar Razak Yang Pemberi nikmat. Nasehat bagi diri saya, brothers and sisters in Islam, Wallahua’lam Bissoab," tandasnya.

Tak lama, netizen pun menanggapi. "Semangat mb, tugas kita hanya menyampaikan yg benar, tetap istiqomah," tulis ibrahim*****.

"Kebanyakan artis2 yg sdh hijrah skrg..menjadikan Islam terasa menjadi kaku..memahami ayat secara tekstual sj bukan dgn cara kontekstual. Merasa islamnya sdh benar padahal ilmu mereka jg masih cetek..harusnya kalau hijrah..perbanyak pelajari aqidah..bukan malah menggurui..cuma baru tau 1 atau 2 ayat..tp rasanya sdh seperti penceramah..yg berkaliber dunia..tepok jidat!!!!!" tulis
hjindr*****.

Tag: islam Five Vi muslim hukum sungkeman dilarang sujud ke orang tua

Bagikan: