Tetap Salat Walau Sudah Dibaptis, Yati Surachman Ungkap Alasan Pindah Agama Kristen: Pohon Natal Sangat Indah

| 21 Feb 2022 12:02
Tetap Salat Walau Sudah Dibaptis, Yati Surachman Ungkap Alasan Pindah Agama Kristen: Pohon Natal Sangat Indah
Yuti Surachman (Foto: YouTube/SULE PRODUCTIONS)

ERA.id - Belum lama ini, artis senior Yati Surachman menceritakan kehidupan pribadinya melalui video di kanal YouTube. Ia mengaku memutuskan pindah agama dari Islam menjadi Kristen saat usianya 12 tahun.

Namun, banyak yang bertanya-tanya apakah alasan Yati Surachman untuk memeluk agama Kristen. Dia mengaku takjub saat melihat kilau cahaya pada Natal. Ia merasa heran pohon belimbing yang tak kunjung berbuah belimbing. Sampai akhirnya, ayahnya menyelipkan lampu kelap-kelip pada pohon Natal. Setelah perayaan Natal, pohon belimbing itu berbuah.

Kesaksian Yuti Surachman (Foto: YouTube/Mircale of Life)
Kesaksian Yuti Surachman (Foto: YouTube/Mircale of Life)

"Saat itu, saya merasa pohon Natal itu sangat indah. Rasanya, tenang hatiku melihat pohon itu. Sederhana sekali. Saya juga nggak tahu panggilan tersebut kala itu," ungkapnya, dikutip dari kanal YouTube Miracle of Life.

"Pulang kerja, ayah saya bawa lampu dan ditaruh di pohon itu. Beliau bilang, biar kayak tante sebelah. Ajaibnya, setelah Natal selesai pohon itu berbuah," lanjutnya.

Bintang film Perawan Desa ini sudah memeluk agama Kristen. Sayangnya, ia sempat goyah karena pernah khatam Al-Quran. Ia mengaku sembahyang hanya perlakuannya saja, tidak dari hatinya.

Kesaksian Yuti Surachman (Foto: YouTube/TRANS 7 Official)
Yuti Surachman (Foto: YouTube/TRANS 7 Official)

"Dulu kan aku khatam Al-Quran, nggak ada tuh arti Indonesianya. Jadi ragu lagi tuh. Selama (itu), saya belum berani bilang saya ini Kristen, saya sembahyang tapi hanya gerak aja," paparnya.

Yati Surachman mengaku masih merahasiakan hal ini kepada keluarganya kala itu. Sebab, ia merasa takut untuk mengatakan dirinya sudah dibaptis. Bahkan, keluarganya sempat curiga ketika Yati salat secara asal-asalan.

"Saya belum berani mengakui itu sampai sekolah selesai, di film. Saya belum bilang kalau ikut Yesus. Saya (masih) melakukan sembahyang. Tapi cuma gerak, (orang tua bilang) 'kamu nih kalau salat cepat benar', 'ya, cuman gerak'," imbuhnya.

"Kala itu, saya masih sembahyang meski sudah resmi dibaptis. Keluarga aku bilang, 'Kamu cepat banget salatnya? Kayak asal gerak'," lanjutnya.

Rekomendasi