Ibu Manfaatkan Nama Anak Demi Berutang, Han So Hee Angkat Tangan dan Tak Mau Tanggung Utang

| 07 Mar 2022 16:10
Ibu Manfaatkan Nama Anak Demi Berutang, Han So Hee Angkat Tangan dan Tak Mau Tanggung Utang
Han so hee terlibat hutang (instagram/xeesoxee)

ERA.id - Aktris asal Korea Selatan Han So Hee buka suara terkait kasus penipuan yang dilakukan oleh ibunya. Han So Hee menegaskan dia tidak akan membayar atau pun menanggung utang tersebut.

Melalui agensi yang menaungi dirinya, 9ato Entertainment, agensi mengungkap kronologi kejadian yang menyeret pemain film My Name tersebut. Dikatakan oleh agensi bahwa ibu Han So Hee membuka rekening atas nama dirinya sewaktu dia kecil.

"Ibu (Han So Hee), Shin menggunakan rekening bank atas nama Han So Hee dalam proses peminjaman uang. Nona Shin secara sewenang-wenang membuka rekening bank ketika Han So Hee masih di bawah umur, dan dia menggunakan rekening itu untuk meminjam uang tanpa sepengetahuan Han So Hee," kata agensi dikutip Soompi via Naver, Senin (7/3/2022).

Lalu, kata agensi, kasus yang menyeret nama Han So Hee itu bukanlah kejadian yang pertama kali. Ibu Han So Hee juga diketahui melakukan pemalsuan dokumen pribadi hingga berujung di meja pengadilan.

Untungnya pihak pengadilan memutuskan bahwa Han So Hee tidak ada hubungannya dengan kasus-kasus kejahatan yang dilakukan oleh ibunya.

"Karena rangkaian kasus ini, pengadilan perdata dilakukan, dan pengadilan menarik garis yang jelas bahwa Han So Hee tidak ada hubungannya dengan kasus-kasus ini," tegas agensi.

Diketahui kasus penipuan dan pemalsuan dokumen pribadi itu tercatat di Pengadilan Distrik Ulsan. Dalam putusan akhirnya pengadilan menegaskan uang pinjaman yang menggunakan rekening atas nama Han So Hee bukanlah tanggung jawab sang artis.

Selain itu, agensi juga menegaskan bahwa aktris 27 tahun itu ogah untuk bertanggung jawab dan melunasi utang-utang yang dilakukan oleh ibunya.

"Han So Hee tidak memiliki rencana untuk bertanggung jawab atas utang ini," ungkap agensi.

Sikap Han So Hee yang diambilnya ini disebut demi memblokir tindakan ibunya yang sudah menyalahgunakan namanya untuk meminjam uang. Bukan hanya itu saja, keputusan itu juga untuk menghentikan aksi ibunya yang memanfaatkan nama Han So Hee sebagai selebriti terkenal.

Meski memutuskan angkat tangan dari kasus yang menjerat ibunya, hubungan darah dan ikatan ibu dan anak itu tidak bisa terputus begitu saja. Han So Hee disebut menyesal lantaran telah menimbulkan kerugian di luar kehendaknya.

"Memang benar (Han So Hee) tidak bisa memutuskan ikatan moral antara ibu dan anak. Dia merasa menyesal untuk orang-orang yang dirugikan di luar kehendaknya. Meskipun demikian, kami berharap insiden seperti ini tidak akan terulang melalui respons yang tegas ini," ujar agensi.

9ato Entertainment juga menyampaikan permintaan maaf kepada para korban yang telah dirugikan. Namun dengan penjelasan ini, agensi dan Han So Hee berharap tidak ada lagi korban-korban lain yang berjatuhan di kemudian hari.

Sebelumnya pada Juli 2020, Han So Hee menanggapi kabar bahwa ibunya telah meminjam uang atas namanya. Dia pun membantah hal tersebut dan menegaskan bahwa dirinya tidak berhubungan dengan ibunya.

"Saya tidak berhubungan dengan ibu saya, jadi saya mengetahui tentang hutangnya setelah saya berusia 20 tahun," kata Han So Hee saat itu.

Han So Hee juga menjelaskan bahwa pada saat itu ibunya memasukkan namanya ke dalam dokumen hutang tanpa sepengetahuan dirinya. Hal itu pun menimbulkan masalah besar di keluarganya lantaran dia tidak bisa menangani hutang yang jumlahnya sangat besar.

Namun, sebelum debutnya di dunia akting, dia memilih untuk melunasi hutang ibunya sejauh yang dia bisa. Saat itu dia hanya berpikir hal yang bisa dia lakukan hanya membayar hutang tersebut.

"Saya masih sangat muda saat itu, dan melalui penilaian saya yang belum matang, saya berpikir bahwa satu-satunya solusi adalah membayar hutang sebagai gantinya. Namun, saya pikir itu pada akhirnya menyebabkan lebih banyak korban, jadi saya minta maaf," ungkapnya.

Rekomendasi