Sandingkan Patung Salib Yesus dan Ayat Al-Qur'an, Soraya Haque: Diciptakan oleh Tuhan yang Sama, Kita Penganut Tafsir Agama

| 21 Apr 2022 13:06
Sandingkan Patung Salib Yesus dan Ayat Al-Qur'an, Soraya Haque: Diciptakan oleh Tuhan yang Sama, Kita Penganut Tafsir Agama
Soraya Haque (Foto: Instagram/@sorayahaque)

ERA.id - Saat ini, Soraya Haque jadi perbincangan publik. Sebab, dirinya membagikan foto salib dengan ayat Al-Quran. Banyak netizen menduga Soraya Haque sudah pindah agama. Dilansir dari akun Instagram @sorayahaque, ia menulis caption berisi ayat Al-Qur'an Surat AN Nisa ayat 156-159.

"QS. AN NISAA’:156-159 '… Dan karena kekafiran mereka (terhadap ‘Isa), dan tuduhan mereka terhadap Maryam dengan kedustaan besar (zina), dan karena ucapan mereka: "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, "Isa putera Maryam, Rasul Allah, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya," tulisnya.

"Tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan ‘Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) 'Isa, benar-benar dalam keraguan tentang yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah 'Isa," katanya.

"Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat ‘Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (‘Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti ‘Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka," lanjutnya.

Unggahan Soraya Haque (Foto: Instagram/@sorayahaque)
Unggahan Soraya Haque (Foto: Instagram/@sorayahaque)

Tak hanya itu, ia juga menuliskan caption berisi ayat Al-Qur'an Surat AN Baqarah ayat 62. Setelah itu, ia menulis pesan dalam rangka menyambut Pekan suci yakni Minggu Palma, Kamis Putih, Jum'at Agung, Sabtu Suci, dan Hari Raya Paskah.

"QS. AL BAQARAH:62.Sesungguhnya orang-orang Mu’min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati," katanya.

"Selamat menyambut Pekan Suci: Minggu Palma, Kamis Putih, Jum’at Agung, Sabtu Suci, Hari Raya Paskah. Semoga Tuhan melindungi kita semua. Shalom," lanjutnya.

Unggahannya ini menuai pro dan kontra. Banyak yang menduga Soraya Haque sudah pindah agama. Hingga akhirnya, ia kembali membagikan tulisan yang membahas soal agama. Ia membagikan foto seorang biksu yang merupakan penganut agama Buddha.

Unggahan Soraya Haque (Foto: Instagram/@sorayahaque)
Unggahan Soraya Haque (Foto: Instagram/@sorayahaque)

"HUMANISME. Karena semua manusia, apapun keyakinan dan warna kulitnya diciptakan oleh Tuhan yang sama," tulisnya.

Lewat caption Instagram-nya, ia mengatakan bahwa seluruh manusia adalah pengikut tafsir agama.Ia juga menuliskan pernyataan dari Quraish Shihab dalam Muqaddimah buku Jilbabnya: Pemahaman manusia terhadap suatu teks (nash) berbeda dengan teks itu sendiri.

"Kita ini bukan penganut agama, tetapi kita ini penganut tafsir agama. Senada dengan pernyataan pak Quraish Shihab dalam Muqaddimah buku Jilbabnya: Pemahaman manusia terhadap suatu teks (nash) berbeda dengan teks itu sendiri," ungkapnya.

"Mahmud Syaltut dalam kitab karangnya al-islam aqidah wa syari’ah juga berkata: “Pemahaman manusia (ulama) bukan agama mengikat. Dan beberapa pendapat kaum cendikiawan bumi peristiwa dan para cendikiawan internasional yang juga mendukung pemikiran ini," lanjutnya.

Rekomendasi