Peringati Hari Bumi, Ramon Tungka dan Galih Donikara Ajak Berhenti Buang Sampah di Gunung

| 23 Apr 2022 09:24
Ramon Tungka dan Galih Donikara (Era.ID/ Yesica Sitinjak)

ERA.id - Tepat pada 22 April 2022 menjadi peringatan Hari Bumi  (Earth Dunia). Para pecinta alam ternama yakni Galih Donikara dan Ramon Tungka mengatakan bahwa di Hari Bumi ini adalah momen manusia untuk berterima kasih kepada alam, serta berhenti membuang sampah sembarangan, terlebih di gunung.

"Hari Bumi ini buat saya sih bisa menikmati bagaimana kita berterima kasih kepada alam. Pada gunung, pada bumi yang selama ini menghidupi kita," ujar pecinta alam sekaligus EIGER Adventure Service Team Manager, Galih Donikara, saat ditemui di kawasan Radio Dalam, Jakarta, pada Jumat (22/4/2022).

Sementara itu, Ramon Tungka menyatakan bahwa kini sudah saatnya manusia untuk lebih memperhatikan alam. Ia tak memungkiri bahwa sampah di gunung masih ada dan tentunya ini sangat memprihatinkan, terlebih di kondisi bumi yang semakin lama semakin rusak.  

"Kalau dibilang masih ada sampah atau nggak saya nggak berani ngucap ya, jatuhnya opini. Tapi saya bisa bilang fakta masih banyak kegiatan bersih-bersih gunung, yang artinya belum bersih benar," kata Ramon Tungka.

Bintang film Catatan Akhir Sekolah itu pun menyatakan bahwa tidak ada salahnya untuk memulai dari nol berkontribusi menjaga alam demi masa depan yang lebih baik.

"Tapi nggak ada salahnya dari kita untuk memulai dari nol, untuk merestorasi semuanya, merestorasi pemikiran, behaviour kita selama di gunung gitu. Memilih hidup di alam, memilih hidup sebagai pecinta alam, kegiatan luar haruslah tanggung jawab," pungkas Ramon.

Rekomendasi