Modifikasi Mobil Asal-asalan, Justin Bieber Langgar Kode Etik Ferrari, Dilarang Beli Seumur Hidup

| 10 May 2022 12:17
Modifikasi Mobil Asal-asalan, Justin Bieber Langgar Kode Etik Ferrari, Dilarang Beli Seumur Hidup
Justin bieber dilarang beli ferrari (Dok: autoevolution)

ERA.id - Justin Bieber masuk ke dalam daftar hitam merek mobil asal Italia, Ferrari. Bieber dilarang membeli mobil Ferrari setelah dia terbukti melanggar kode etik perusahaan.

Menurut laporan surat kabar II Giornale di Milan, pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh pelantun "Love Yourself" itu mengacu pada sebuah mobil Ferrari yang sempat dia miliki di tahun 2011. Di mana Bieber memiliki Ferrari 458 berwarna putih F1 Editon yang sudah dimodifikasi tanpa persetujuan perusahaan.

Tak lama setelah membeli supercar tersebut, Bieber langsung membawa mobilnya ke West Coast Customs untuk memodifikasinya dengan bodykit Liberty Walk. Mobil yang semula berwarna putih itu pun berubah warna menjadi biru. Dia juga memodifikasi supercar itu dengan mengganti velg orisinal dengan velg Forgiato 20 inch, mur roda custom, dan warna logo di roda kemudi diubah olehnya.

Meski banyak melakukan perubahan pada mobil Ferrari miliknya, Bieber tidak mengubah mesin yang diberikan oleh Ferrari untuknya.

justin bieber dilarang beli ferrari (Dok: autoevolution)
justin bieber dilarang beli ferrari (Dok: autoevolution)

Sayangnya keputusan Bieber untuk memodifikasi supercarnya itu melanggar kode etik perusahaan. Ferrari sendiri dikenal sebagai perusahaan yang mengatur kontrak pada pemiliknya. Aturan itu berupa tidak diizinkannya pemilik untuk mengutak-atik mesin, modifikasi bodywork, mengecat ulang, atau menutup logo 'Kuda Jingkrak' perusahaan.

Namun apabila pemilik ingin melakukan modifikasi, pemilik harus datang secara langsung ke dealer resmi Ferrari dan sesuai dengan persetujuan perusahaan.

Selain mengubah tampilan mobilnya, Bieber juga diketahui menjual supercar tersebut di lelang amal sebesar 434.500 USD atau Rp6,3 miliar tanpa memberi tahu Ferrari. Padahal sesuai aturan perusahaan, pemilik dilarang keras untuk menjual mobil mereka di tahun pertama dan harus meminta izin ke pihak Ferrari.

"Aturan Ferrari menentukan bahwa pemilik tidak dapat menjual mobil mereka di tahun pertama dan mereka memberi tahu pabrikan sebelum menjual setelahnya, sehingga perusahaan memiliki opsi untuk membelinya kembali. Modifikasi yang tidak sah tidak disukai," bunyi pernyataan Ferrari dari The Times, Selasa (10/5/2022).

Pelanggaran yang dilakukan oleh suami Hailey Baldwin itu tidak berhenti sampai di situ saja. Di tahun 2015, dia membuat laporan kehilangan mobil tersebut setelah dirinya lupa menaruh mobilnya usai menghadiri pesta di Hotel Montage di Baverley Hills. Tetapi mobil tersebut berhasil ditemukan setelah tiga minggu dilaporkan hilang dengan bantuan seorang asisten.

Selain Justin Bieber yang masuk daftar hitam dan dilarang membeli mobil Ferrari seumur hidup, sejumlah nama selebritas Hollywood juga mengalami hal serupa. Kim Kardashian misalnya, Kim diduga menerima hadiah pernikahan mobil Ferrari dari seorang penipu.

Kemudian aktor Nicholas Cage, yang dikenal memiliki koleksi mobil membeli Ferrari Enzo senilai 1 juta USD atau Rp14 miliar tahun 2003. Tetapi dia terpaksa menjualnya karena mengalami kesulitan ekonomi.

Keputusan Ferrari untuk memasukkan nama-nama besar ke daftar hitam penjualan mereka ini disebut demi menjaga reputasi perusahaan. Perusahaan tidak ingin berbagai insiden yang dilakukan oleh para pesohor Hollywood mempengaruhi nama merek mereka.

Rekomendasi