Cerita Nenek Eril Titipkan Kain Kafan ke Ridwan Kamil Saat ke Swiss

| 13 Jun 2022 17:30
Cerita Nenek Eril Titipkan Kain Kafan ke Ridwan Kamil Saat ke Swiss
Situasi pemakaman Eril (Dok: Era/Ilham)

ERA.id - Nenek dari Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, Tjutju Sukaesih turut hadir di pemakaman putra pertama Ridwan Kamil dan Atalia Prartya, Senin (13/6/2022). Nenek Eril mengungkap ia sempat menitipkan kain kafan kepada Ridwan Kamil untuk dipakai Eril saat terbang ke Indonesia.

Kesaksian itu diceritakan oleh Tjutju Sukaesih sesaat setelah jenazah Eril disemayamkan. Tjutju yang merupakan ibu dari Ridwan Kamil itu mengungkap bahwa dirinya menitipkan kain kafan saat tahu jasad cucunya telah ditemukan.

"Saya telah menitipkan kain kafan kepada anak saya (Ridwan Kamil) pada saat di Swiss untuk mengkafani beliau," kata Tjutju Sukaesih, di pemakaman keluarga Cimaung, Bandung, Senin (13/6/2022).

Nenek Eril kemudian mengatakan bahwa kepergian cucunya adalah salah satu pelajaran sekaligus pengingat berharga bagi dirinya. Nenek Eril menilai bahwa ia belum tentu mendapat jutaan doa dan bela sungkawa dari masyarakat seperti yang diterima oleh Eril.

"Alhamdulillah pelajaran bagi saya sebagai neneknya bahwa saya belum tentu seperti yang Eril lakukan. Mohon doakan semuanya semoga kita semua belajar dari apa yang Eril lakukan," ucapnya.

nenek eril (Dok: Era/Ilham)
nenek eril (Dok: Era/Ilham)


Dalam kesempatan yang sama, nenek Eril juga mengaku bahwa doa yang selama ini ia panjatkan telah dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa. Di mana sebelum jasad Eril ditemukan, Tjutju berdoa agar kelak jasad Eril bisa dikuburkan di Indonesia.

"Sekarang kita saksikan tempat Eril dikuburkan dan kita doakan semuanya dan itulah yang saya ingin sampaikan bahwa doa saya telah terkabul," tutupnya.

Diketahui jenazah Emmeril Kahn Mumtadz dimakamkan keluarga yang berlokasi di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lokasi pemakaman itu juga nantinya akan berdiri sebuah masjid besar rancangan Ridwan Kamil yang diberi nama Al-Mumtadz.

Rekomendasi