MUI Jabar Sebut Ridwan Kamil dan Keluarga Yakini dan Ikhlaskan Eril Meninggal Dunia

| 03 Jun 2022 07:55
Ridwan Kamil dan keluarga (Instagram)

ERA.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mengungkapkan keluarga Ridwan Kamil mengaku telah mengikhlaskan dan meyakini putranya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aare, Swiss.

Melalui surat himbauan, Ketua MUI Jawa Barat Rachmat Syafe'i juga menyatakan otoritas Swiss juga mengubah status pencarian Eril dari berstatus orang hilang, menjadi status orang tenggelam.

"Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang dicari kemungkinan sudah meninggal dunia," jelas Rachmat Syafe'i dalam surat edarannya pada Kamis (2/6/2022)

Dia juga mengimbau masyarakat untuk melaksanakan Salat Ghaib atas almarhum Emmeril Kahn Mumtadz pada Jumat (3/5/2022) di setiap masjid dan mushala.

"Bisa dilakukan sebelum atau setelah salat Jumat ," jelas Ketua MUI Jawa Barat.  

Sebelumnya, Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengunggah salam perpisahan untuk anak pertamanya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Atalia berpamitan pulang dengan Eril untuk kembali ke Indonesia.

Pesan perpisahan Atalia dengan putranya Eril itu dibagikan olehnya melalui unggahan terbaru di Instagram-nya. Ia juga turut membagikan momen di mana dirinya sedang duduk dan memandangi sungai Aare, Swiss, bersama Ridwan Kamil dan anak keduanya.

"Ril… mamah pulang dulu ke Indonesia, ya. Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah swt, dimana pun kamu berada," tulis Atalia, Kamis (2/6/2022).

Pada unggahan itu, Atalia juga berdoa dan memastikan bahwa tubuh Eril yang sampai saat ini belum ditemukan tidak akan merasakan kedinginan, kelaparan, maupun kekurangan apapun. Ia meyakini Eril bahwa dirinya akan mendapat limpahan kasih sayang yang tidak pernah putus dari banyak orang.

"Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun. Bahkan kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus," ungkapnya.

Pesan haru itu kian dalam kala Atalia memutuskan untuk melepaskan Eril bagaimana pun kondisinya. Ia berharap tubuh Eril bisa segera ditemukan dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga.

"Disini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat ataulambat. Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas," tutupnya.

Diketahui putra pertama Ridwan Kamil dan Atalia dinyatakan hilang usai berenang di sungai Aare, Swiss pada 26 Mei 2022. Eril menghilang sekitar pukul 11:24 waktu setempat setelah lebih dulu menolong adik dan kerabat adiknya.

Upaya pencarian pun dilakukan sejak Eril dinyatakan menghilang dengan menggunakan berbagai metode. Bahkan pencarian di hari ketujuh turut melibatkan tim SAR, polisi maritim, pemadam kebakaran, hingga komunitas yang ada di kota Bern.

Rekomendasi