Kenang Perjuangan Menjelang Kelahiran Eril, Ridwan Kamil: Bayar Lahiran Gratis, Saya Masih Pengangguran

| 15 Jun 2022 10:30
Ridwan Kamil dan Eril (Foto: Instagram/@ataliapr)

ERA.id - Belum lama ini, netizen dibuat haru usai melihat video viral pengakuan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mengenang perjuangan kelahiran anak pertama, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril di New York, Amerika Serikat.

Hal ini terungkap saat Gubernur yang kerap disapa Kang Emil ini menjadi bintang tamu dalam acara show di stasiun televisi. Ridwan Kamil bercerita dirinya saat itu sempat di PHK ketika bekerja sebagai arsitek di Amerika karena krisis moneter.

Istrinya, Atalia Praratya sudah hamil 8 bulan dan segera melahirkan anak pertamanya, yakni Eril. Selain itu, Ridwan Kamil sedang berkuliah menempuh jenjang S2.

"Nah pada saat diberhentikan yang kedua, istri itu lagi hamil 8 bulan. Jadi waktu anak saya (Eril) lahir, saya itu statusnya pengangguran di Amerika," kenang Ridwan Kamil, dikutip dari akun gosip @lambegosiip.

Ridwan Kamil (Foto: Instagram/@lambegosiip)
Ridwan Kamil (Foto: Instagram/@lambegosiip)



Walau statusnya pengangguran, Ridwan Kamil selalu berusaha untuk mencari pendapatan dengan bekerja serabutan untuk membiayai kehidupan sehari-hari maupun persiapan kelahiran Eril.

Menjelang kelahiran Eril, Ridwan Kamil sempat bingung lantaran dirinya belum mempunyai pendapatan yang besar dan asuransi rumah sakit.

Sehingga, ia terpaksa membawa Atalia Praratya untuk melahirkan di rumah sakit orang miskin di New York. Ia menuturkan jika proses kelahiran Eril mendapat bantuan dari pemerintah setempat.

"Tapi Allah itu Maha Bijaksana lah. Gara-gara statusnya miskin kota, sehingga anak saya tuh lahirnya gratis. Kalau bayar itu bisa sampai 50 juta sekali ngelahirin," jelas Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil (Foto: Instagram/@lambegosiip)
Ridwan Kamil (Foto: Instagram/@lambegosiip)



Bahkan, surat kelahiran Eril diperjelas dengan keterangan orang miskin. Namun, ia menyampaikan dengan gaya lawakannya.

"Ada surat keterangannya, kayak SKTM lah, surat keterangan orang miskin. Tapi miskinnya di Amerika jadi rada gaya dikit," kata Ridwan Kamil disambut suara tertawa penonton.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka merasa terharu mendengar perjuangan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya menjelang kelahiran Eril. Ada pun yang tertawa mendengar Ridwan Kamil yang masih bercanda disaat menceritakan kesusahan hidupnya kala itu.

"Ya Allah berkesan memang kalau anak pertama. Karena membawa keberuntungan dan ketenangan luar biasa," tulis akun @rahayu***14
"MasyaAllah Aa Eril memang titipan Allah yang sangat luar biasa," kata akun @zahira**
"Udah sedih dengar ceritanya Pak Ridwan Kamil malah ngelawak. Nggak jadi sedih deh," ungkap akun @liatra**
"Awal sedih selanjutnya ngakak sehat selalu pak Ridwan Kamil." lanjut akun @verina_re****

Rekomendasi