Curhat Pilu Annisa Pohan Alami Keguguran: Sangat Berat, Tapi Yakin Allah Punya Rencana Lain

| 03 Jul 2022 16:32
Curhat Pilu Annisa Pohan Alami Keguguran: Sangat Berat, Tapi Yakin Allah Punya Rencana Lain
Annisa pohan keguguran (instagram/annisayudhoyono)

ERA.id - Kabar duka datang dari istri Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Annisa Pohan. Annisa mengungkap ia kehilangan anak kedua akibat keguguran.

Curhatan pilu itu disampaikan Annisa Pohan melalui sebuah unggahan di media sosial pribadinya. Dalam unggahan itu, Annisa membagikan potret dirinya yang sedang duduk di kursi roda ditemani oleh AHY dan putrinya, Almira.

Annisa menceritakan alasan dirinya belakangan ini menghilang dari media sosial dan menutup komunikasi dengan orang-orang sekitar. Ia mengaku saat itu dirinya harus istirahat penuh lantaran sedang mengandung anak keduanya dengan AHY.

"Sebenarnya Alhamdulillah saya kemarin positif hamil sehingga istirahat total satu bulan lebih ini dan menghindari hal-hal yang membuat stress, berharap agar kehamilannya bisa sehat dan lancar," tulisnya, dikutip Era, Minggu (3/7/2022).

Namun kebahagian Annisa dan AHY sirna setelah dokter menyatakan janin yang ada di dalam kandungannya tidak berkembang di usia tujuh minggu. Hal ini lantaran ukuran janin dinilai terlalu kecil dan tidak adanya detak jantung selama pemeriksaan.

"Namun Qadarullah, mungkin Allah punya rencana lain yang lebih baik. Kehamilan saya dinyatakan tidak berkembang di usia 7 minggu, ukuran babynya terlalu kecil dan tidak ada detak jantungnya, sehingga tidak dapat dipertahankan," ungkapnya.

Dengan riwayat janin yang tidak berkembang tersebut, Annisa pun disarankan untuk melakukan operasi yang dikenal dengan ERPOC atau kuret. Hal ini dilakukan guna mengeluarkan janin yang ada di dalam rahim Annisa sekaligus membersihkan rahimnya. Proses itu pun telah dilaksanakan pada 2 Juli 2022 dan berjalan dengan lancar.

"Saran dokter agar segera dikeluarkan dan dibersihan dengan sistem ERPOC (serupa dengan kuret bahasa umumnya), dan telah dilakukan kemarin 2 Juli 2022," katanya.

Tentu saja kejadian yang dialami Annisa ini meninggalkan pilu dan duka yang mendalam bagi AHY dan keluarga. Sebab, pasangan ini telah lama menantikan kehadiran anak kedua setelah dikaruniai anak pertama di tahun 2008.

Annisa tak menampik kejadian ini memberikan dampak yang menyakitkan bagi dirinya dan juga AHY. Tetapi mereka mencoba untuk ikhlas dan menerima takdir yang sudah digariskan oleh Tuhan.

"Dan ketika harus mengalami keguguran, tentu menjadi hal yang sangat berat untuk kami. Namun kami ikhlas, dan meyakini bahwa ketetapan Allah SWT adalah yang terbaik," akunya.

Saat ini, menantu dari mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengatakan ia sedang dalam tahap pemulihan pasca keguguran dan operasi. Ia juga mengatakan kondisinya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Sekarang saya sedang dalam tahap pemulihan, dan alhamdulillah hari ini sudah lebih baik setelah prosedur kemarin. Ke depan, hidup harus terus berjalan dengan baik, dan tidak ada kata putus asa," ujarnya.

Lebih lanjut, Annisa Pohan meminta doa agar musibah yang dialaminya dengan keluarga bisa menjadi pahala bagi dirinya dan suaminya. Ia juga memohon doa agar kedepannya bisa diberikan dan digantikan dengan jauh yang lebih baik.

"Saya Mohon doanya dari teman-teman, agar musibah keguguran ini menjadi pahala untuk saya dan mas Agus, kemudian Allah akan gantikan dengan yang lebih baik untuk kami berdua. Doa yang sama dari kami untuk teman-teman yang mengalaminya," tutupnya.

Annisa Pohan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tercatat menikah pada 8 Juli 2005 dengan mengusung adat Jawa bernuansa putih. Tiga tahun setelah menikah, mereka dikaruniai anak pertama berjenis kelamin perempuan dengan nama Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Rekomendasi