Puluhan Teman hingga Guru Buka Suara Kasus Nam Joo Hyuk, Bantah Adanya Kekerasan di Sekolah

| 05 Jul 2022 18:03
Puluhan Teman hingga Guru Buka Suara Kasus Nam Joo Hyuk, Bantah Adanya Kekerasan di Sekolah
Teman nam joo hyuk (instagram/skawngur)

ERA.id - Puluhan teman sekolah hingga guru SMA Suil buka suara terkait isu dugaan kekerasan yang menyeret nama Nam Joo Hyuk. Mereka membantah Nam Joo Hyuk sebagai pelaku kekerasan selama duduk di bangku sekolah.

Melalui media Dispatch, kesaksian sejumlah teman sekolah, alumni, hingga guru Nam Joo Hyuk akhirnya ikut bersaksi atas apa yang belakangan terjadi. Sedikitnya 20 orang rekan satu sekolah dimintai keterangan oleh Dispatch terkait pemberitaan The Days News dan Sports Kyunghyang.

Dalam berita yang belakangan beredar disebutkan Nam Joo Hyuk sebagai seorang pengganggu di sekolah. Tetapi hal itu dibantah tegas oleh sedikitnya 10 orang yang dekat dengan Nam Joo Hyuk. Kesepuluh orang itu mengatakan sekolahnya memiliki aturan yang sangat ketat, sehingga tidak mungkin adanya pengganggu siswa seperti yang dituduhkan.

"Sekolah kami saat itu memiliki hukuman yang sangat berat. Itu sangat ketat. Tidak pernah ada gagasan bahwa ada sekelompok pengganggu di sekolah. Teman seperti apa yang akan menggertak seseorang secara konsisten? Jika para guru mendengarnya, hal-hal di sekolah akan menjadi gila," kata teman sekolah Nam Joo Hyuk, H, dikutip Dispatch via Koreaboo, Selasa (5/7/2022).

Begitu juga dengan kesaksian teman sekelas Nam Joo Hyuk, Seo Seok Hoon dan Jo Boo Hyeong. Keduanya membantah tegas tuduhan yang menyebut Nam Joo Hyuk adalah siswa yang suka melecehkan orang lain. Bahkan menurut Jo Boo Hyeong, Nam Joo Hyuk pribadi yang gemar tertawa dan suka olahraga.

"Nam Joo Hyuk bukanlah tipe orang yang akan melecehkan orang lain. Dia menyukai olahraga. Nam Joo Hyuk bahkan akan tertawa ketika teman-temannya menggoda dan bercanda dengannya. Dia memiliki kepribadian yang baik, itu benar. Itu sebabnya teman-temannya menyukainya," ujar Jo Boo Hyeong.

Sementara itu, wali kelas Nam Joo Hyuk di kelas 10, Park Tae Gyu bersaksi bahwa muridnya itu tidak seperti yang dituduhkan. Nam Joo Hyuk justru pribadi yang tenang dan menjadi penengah selama berada di kelas atau pun ketika ada perkelahian terjadi.

Lalu, mengenai tuduhan Nam Joo Hyuk yang meminta layanan antar jemput roti, tuduhan tersebut justru berbanding terbalik dengan kenyataan. Bintang drama Start Up! itu justru sering membelikan orang lain roti dan pergi ke snack bar sendiri atau bersama teman-temannya.

"Nam Joo Hyuk suka mengunjungi snack bar. Kami berada di kelas yang berbeda tetapi kami sering bertemu saat istirahat. Tentu saja, saya tidak tahu segalanya, tetapi memesan antar-jemput roti? Desas-desus itu akan menyebar dengan cepat di sekolah dan orang itu akan menjadi orang buangan," tegas J.

Mengenai tuduhan yang menyebut Nam Joo Hyuk tidak membayar uang atas pembelian gim, teman-teman Nam Joo Hyuk justru mengungkap fakta yang berbeda. Pelaku dari aksi tersebut ialah teman sekelas Nam Joo Hyuk berinisial P, yang secara terang-terangan melakukan aksi tersebut di depan banyak siswa.

Pelaku P bahkan mengambil ponsel dari seorang guru dan membeli banyak gim tanpa membayarnya. Aksi tersebut bahkan diketahui oleh guru yang bersangkutan sehingga teman-teman sekelas Nam Joo Hyuk ikut terkena imbas dari perbuatan P.

"Nam Joo Hyuk menggunakan ponsel orang lain untuk membeli sesuatu? Sebaliknya, "P" yang mencuri ponsel guru kami dan ketahuan membeli sesuatu. Guru kami memarahi kami selama pertemuan pagi, menanyakan siapa yang menggunakan teleponnya untuk membeli sesuatu," tegas Park.

"Karakter utama dalam kasus pembayaran ponsel adalah "P". Informan mengubah orang yang terlibat menjadi Nam Joo Hyuk. Ini tidak ada hubungannya dengan Nam Joo Hyuk. Itu sebabnya saya pikir ini bahkan lebih jahat," timpal H.

Berbagai tuduhan dugaan kekerasan yang dilakukan oleh Nam Joo Hyuk pun dikuatkan oleh pernyataan wali kelasnya Park Tae Gyu dan Hong Seong Man. Kedua wali kelas itu menegaskan kepribadian Nam Joo Hyuk selama sekolah jauh dari sifat pembully dan anak nakal.

Mereka bersaksi Nam Joo Hyuk memiliki kepribadian yang cukup baik meski pun bukan siswa yang cukup baik dalam belajar. Bahkan citra Nam Joo Hyuk selama di sekolah selalu disukai oleh banyak temannya.

"Saya ingat dia menjadi salah satu siswa laki-laki keren yang saya ajar. Dia membantu teman-temannya dengan baik. Dia bukan yang terbaik dalam belajar tetapi dia adalah seorang siswa yang menerima banyak pujian tentang karakter dan kepribadiannya," tutup Hong Seong Man.

Lebih lanjut, Hong Seong Man meminta penuduh untuk bertanggung jawab atas apa yang sudah diperbuat kepada Nam Joo Hyuk.

"Saya marah dengan penyebaran informasi palsu yang berbahaya. Adalah benar untuk bertanggung jawab jika Anda melakukan sesuatu yang salah, tetapi mencoba mengubur seseorang dengan informasi palsu adalah salah," tutupnya.

Rekomendasi