Mayang Tak Lolos Ujian Masuk Fakultas Kedokteran Gigi, Rektor Moestopo: Nilai di Bawah 75 Tidak Diterima!

| 06 Jul 2022 11:55
Mayang Tak Lolos Ujian Masuk Fakultas Kedokteran Gigi, Rektor Moestopo: Nilai di Bawah 75 Tidak Diterima!
Mayang (Foto: YouTube/Trans7 Official)

ERA.id - Isu adik mendiang Vanessa Angel, Mayang diterima kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Moestopo jadi perbincangan publik. Bahkan, dirinya pernah berkata keterima beasiswa FKG Universitas Moestopo. Bukan dari Universitas Mostopo, rupanya beasiswa itu diberikan dari seseorang.

Doddy Sudrajat mengklaim saat ini Mayang masih dalam tahap seleksi masuk FKG Universitas Moestopo. Rektor Universitas Moestopo, Prof Dr Paiman Raharjo buka suara soal beasiswa hingga Mayang masuk FKG Universitas Moestopo lewat orang dalam.

Sang rektor menegaskan FKG Universitas Moestopo sangat ketat dibandingkan fakultas lainnya. Bahkan, calon mahasiswa/i harus mengikuti tes sesuai standar nilai paling rendah 75.

"Terkait beasiswa itu tidak diberikan kepada mbak Mayang. Dari hasil tes itu, karena dalam proses pendidikan di FKG sangat ketat, standar nilai yang ditentukan pun mengikuti yang sudah ada," ujar Prof Dr Paiman Raharjo, dikutip dari kanal YouTube Seleb Oncam News.

"Jadi proses seleksi Mbak Mayang memang belum menenuhi nilai standar yang ditentukan oleh Fakultas Kedokteran Gigi," lanjutnya.

Rektor (Foto: YouTube/Seleb Oncam News)
Rektor (Foto: YouTube/Seleb Oncam News)

Sang rektor mengatakan bahwa Mayang tidak keterima FKG Universitas Moestopo lantaran nilainya tak memenuhi syarat. Namun, ia menyarankan Mayang untuk masuk di fakultas lainnya. Apabila Mayang masih bersikeras masuk FKG, ia bisa mengikuti seleksi digelombang selanjutnya.

"Mbak Mayang masih diberikan kesempatan lagi untuk tes di gelombang berikutnya pada 30 Juli 2022. Tetapi walau tidak memenuhi standar nilai FKG Mbak Mayang bisa diterima di fakultas lain (di Moestopo), seperti komunikasi, sospol, fakultas ekonomi dan bisnis. Jadi, Mbak Mayang tinggal memilih fakultas tersebut," paparnya.

Mayang tidak keterima karena nilainya tidak mencapai 75. Ia menegaskan bahwa FKG Universitas Moestopo tidaklah mudah. Tak hanya teori, melainkan praktek juga harus bisa didalami oleh Mayang. Sang rektor menyarankan Mayang untuk masuk Fakultas Ilmu Komunikasi sesuai backgroundnya jadi artis.

"Kami di FKG bukan lolos atau nggak, tapi tidak memenuhi standar nilai ditentukan dan bisa mengikuti kembali digelombang selanjutnya. FKG itu standar nilainya paling rendah adalah 75. Jadi bisa dikira-kira di bawah 75 tidak diterima," tuturnya.

"FKG ini pendidikan ketat, karena tidak sekadar ilmu teori, tapi banyak prakteknya. Butuh fokus waktu yang ketat untuk mendalami ilmu kedokteran gigi ini. Saya menyarankan fakultas lain dengan ilmu komunikasi yang cocok background Mbak Mayang." lanjutnya,

Rekomendasi