Dear Valverde, Tolong Jangan Lupakan La Masia

| 14 Aug 2018 14:15
<i>Dear</i> Valverde, Tolong Jangan Lupakan La Masia
Empat produk La Masia (Twitter.com)
Barcelona, era.id - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengaku tak nyaman dengan kritikan yang dilontarkan sejumlah khalayak sepak bola--khususnya yang berbasis di Catalunya--seputar minimnya kesempatan yang didapatkan pemain muda jebolan akademi sepak bola La Masia dalam skuatnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, hanya Sergi Roberto yang mampu menembus tim utama La Blaugrana sehingga para pemain muda lainnya memilih untuk hengkang--meski hanya berstatus pinjaman-- demi mendapatkan menit bermain yang cukup.

Valverde kemudian membela diri dengan mengatakan, dia punya skuat yang besar dan mendatangkan para pemain besar seperti Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele selalu terjadi dalam klub sebesar Barca. Tapi, kedatangan para pemain tersebut bukan berarti Barcelona tak lagi percaya kepada para jebolan La Masia.

Selama menjalani laga pra-musim musim panas ini, Valverde mencoba membungkam kritikan tersebut dengan menurunkan sejumlah pemain jebolan La Masia. Salah satunya gelandang Riqui Puig (18 tahun).

Pemain ini diburu sejumlah klub besar Eropa setelah menunjukan permainan mengesankan untuk tim Barcelona B. Pelatih AC Milan, Gennaro Gatusso bahkan menyanjungnya dengan sebutan pemain yang fantastis.

Legenda Barca, Xavi Hernadez--yang menjalani debut untuk Barca saat masih remaja pada 1998--juga meyakini Puig memiliki kemampuan untuk menjadi pemain hebat. Syaratnya, Valverde memberikan kesempatan bermain di tim utama secara intens.

"Saya bisa bilang, dia sudah siap bermain di tim utama Barca. Saya senang karena ketika saya melihatnya bermain, kita bisa melihat seorang didikan sekolah Barca yang kita sangat sukai selama ini," kata Xavi, seperti dilansir dari Mundo Deportivo, Selasa (14/8/2018).

Puig pun berkomitmen kepada Barca dengan menandatangani kesepakatan kontrak berdurasi tiga tahun sehingga memiliki kesempatan besar untuk memainkan debut seniornya di La Liga pada musim ini. Selain Puig, kini Valverde juga punya beberapa pemain La Masia lainnya yang dipersiapkan untuk melakukan debut di tim senior. 

Carlos Alena

Pemain 20 tahun ini dipastikan berada di tim utama Barca setelah sukses menjadi pemimpin dan pusat perhatian di Barcelona B. Valverde telah memberikan kesempatan kepada Alena dan begitu pulih dari cedera dia akan mendapatkan menit bermain yang cukup. Saat ini Alena masih menderita cedera otot yang ia alami saat bermain bersama tim B. Tapi mulai September mendatang dia akan kembali dan siap berjuang di tim utama Valverde.

Juan Miranda dan Marc Cucurella

Selama bertahun-tahun, kedua pemain ini diproyeksikan sebagai pengisi slot bek kiri Barca. Miranda adalah bek yang memiliki fisik kuat, yang mendapatkan sejumlah tawaran untuk meninggalkan Barca. Sementara Cucurella, kerap dibandingkan dengan Carles Puyol, baik dalam kemampuan berduelnya maupun potongan rambutnya. Valverde mengenal keduanya tapi masih masih butuh waktu bagi mereka untuk menembus tim utama.

Oriol Busquest

Awal Juli lalu, pemain ini mendatangani kontrak dengan Barca hingga 2012 dengan klausul pelepasan 200 juta euro. Sebuah perjudian besar buat Barca yang meyakini dia bakal menjadi pilihan tepat untuk memback-up Sergio Busquest di lini tengah lapangan. Di beberapa kesempatan Valverde memberikan tempat kepadanya di tim utama Barca. Sekadar catatan. Aoriol dan Sergio tidak ada hubungan darah.

Jorge Cuenca

Musim lalu, Barcelona B menandatangani Jorge Cuenca dengan harga 400.000 euro.  Saat itu tak seorang pun yang menyangka hingga akhirnya dia berlatih dengan tim utama. Masalahnya, mampukah Cuenca bersaing dengan rekrutan anyar Barca, Cement Lenglet?

Di laga Piala Super Eropa melawan Sevilla pada Minggu (12/8) kemarin. Semua produk La Masia yang disebutkan di atas tidak diturunkan Valverde. Barca masih percaya kepada produk lama; Lionel Messi, Sergio Busquets, Jordi Alba, Gerard Pique dan Rafinha. Serta tentunya kepada para pemain asing yang mereka beli pada musim lalu dan musim ini. 

Lalu, kapan mereka bakal dimainkan? Sudah bisa ditebak. Kalau bukan di ajang Copa del Rey, biasanya di laga Liga Champions yang sudah tidak mempengaruhi hasil Barca atau kala La Blaugarana menghadapi tim gurem di La Liga. Ya, sama saja dong kalau begini. Kapan regenerasinya?

Baca Juga : Messi, Argentina Bukan Barcelona

Rekomendasi