Mangaka Chibi Maruko-chan Tutup Usia

Tim Editor

Ilustrasi komik Chibi Maruko-chan (Japanstimes)

Tokyo, era.id - Komikus sekaligus mangaka dari serial anime 'Chibi Maruko-chan', Momoko Sakura dikabarkan meninggal dunia. Mangaka berusia 53 tahun itu meninggal karena mengidap kanker payudara.

Seperti dilansir Japantimes.co.id, pemakaman Momoko telah dilangsungkan pihak keluarga beserta teman-teman dekatnya. Dalam sebuah pernyataan yang dimuat pada situs Sakuraproduction.jp, menampilkan ilustrasi terakhir Maruko dan teman-temannya.

"Ada banyak hal baik dan hal-hal serius selama tiga puluh tahun, saya sangat bahagia sebagai penulis, saya tidak bisa mengucapkan kata selain berterima kasih," tulis Sakura pada peringatan 30 tahun debut Chibi Maruko-chan, seperti dikutip era.id, Selasa (28/8/2018).

Ilustrasi meninggalnya mangaka Chibi Maruko-Chan


Nah supaya kalian tahu, Sakura memulai debutnya sebagai artis manga pada tahun 1984, memulai seri "Chibi Maruko-chan" dalam edisi Agustus 1986 dari majalah manga bulanan, Ribbon.

Serial ini terbukti sangat populer dan pada tahun 1990 dibuat menjadi serial anime, yang juga menjadi sukses besar dan masih berlanjut hingga hari ini.

Serial anime ini ditayangkan di banyak negara dan wilayah lain termasuk China, Taiwan, Hong Kong dan Vietnam. Lagu tema pertama dari seri, "Odoru Ponpokorin," menjadi hit, menjual lebih dari 1,73 juta kopi pada tahun 1990.

“Saya merasa sangat sedih tentang kematiannya, yang datang terlalu dini. Namun senyuman cerah Maru-chan dan teman-temannya akan terus bersinar di benak pembaca mulai dari anak-anak hingga orang dewasa," tulis Soichi Aida, pemimpin editor majalan bulanan Ribbon.

"Terima kasih banyak untuk Ibu Momoko Sakura," tulisnya.

Di Indonesia sendiri, anime Chibi Maruko-chan sangat populer di era 1990-an. Anime itu sempat tayang di salah satu stasiun swasta Indonesia selama beberapa tahun.

Tag: gempa di jepang komik

Bagikan: