Album Love Yourself: Answer BTS yang Penuh Kisah

Tim Editor

BTS (Sumber: Instagram/BTSBighitofficial)

Jakarta, era.id - Para personel boy group BTS alias Bangtan Sonyeondan bercerita soal lagu solo mereka yang dirangkai dalam proyek seri album terbaru mereka, "Love Yourself: Answer" yang dirilis beberapa waktu lalu.

Melalui siaran V Live, Rabu (29/8), Jungkook jadi anggota BTS memulai obrolan. Jungkook menjelaskan, seri album Love Yourself ini telah mencapai tahap final. Ia mengaku lega, proyek seri album yang dimulai sejak Maret 2016 ini akhirnya rampung.

Baca Juga : Mendalami Tren Operasi Plastik di Korea Selatan

Memang, proyek seri album BTS ini terbilang istimewa. Dari prosesnya saja, seri album ini dikerjakan mati-matian dalam waktu dua tahun lima bulan. "Aku merasa bangga dan sedih. Kami semua mencoba yang terbaik," kata Jungkook dalam tayangan tersebut.

"Jadi, kupikir kami membuat album yang bermakna. Saya harap ARMY --sebutan penggemar BTS-- merasakan hal yang sama tentang album ini," tambah Jungkook

Dalam tayangan tersebut, J-Hope, personel BTS yang lain juga menjelaskan lagu solonya yang berjudul Trivia: Just Dance. Menurut J-Hope, lagu yang ia bawakan dalam seri album ini adalah lagu yang ceria tentang bagaimana seseorang bisa mencintai dirinya sendiri.

"Ini lagu yang ceria. Aku memaknai bahwa apa pun yang dikatakan orang lain, aku adalah diriku dan aku mencintai diriku sendiri," tutur J-Hope seperti dilansir Soompi.

Baca Juga : Fanatisme Militan Pemuja K-Pop

Sementara itu, Jimin bertanya pada Jin soal lagu solo miliknya, "Epiphany". Jimin mengaku terkejut dengan kemampuan Jin memainkan piano dalam lagu tersebut. Bukan apa-apa, menurut Jimin, selama bekerja bersama di BTS, ia enggak pernah sekalipun melihat personel tertua BTS itu bermain piano.

Jin pun menjawab. Kata Jin, ia belajar piano pertama kalinya dengan salah satu komposer agensi untuk keperluan konser BTS di Seoul Olympic Stadium pada 25 dan 26 Agustus lalu. "Aku merekam video latihan piano. Aku mulai berlatih dua hingga tiga minggu sebelum konser. Aku tidak bisa berpura-pura bermain piano di depan para penggemar," kata Jin.

Baca Juga : Lisa Blackpink di Antara Cinta dan Nafsu Young Lex

Jimin sendiri kemudian menceritakan lagu solonya, "Serendipity". Kata Jimin, lirik dan emosi dalam lagu itu terasa segar meski sejatinya lagu ini pernah dirilis juga dalam seri album Love Yourself sebelumnya. "Sangat menawan dan manis. Saya harap kalian akan mendengarkannya ketika Anda memikirkanku," ujar Jimin.

Sementara itu, sang leader, RM mengaku memasukkan keindahan bahasa Korea dalam lagu solonya, Trivia: Love. "Aku memasukkan keindahan bahasa Korea, dan itu adalah lagu untuk penggemar. Aku pikir akan menyenangkan jika semua orang bernyanyi bersama," kata dia.

Baca Juga : Seluk-beluk Wajib Militer di Korea Selatan

Untuk V, dia bertutur soal Singularity yang ia sebut sebagai lagu paling dramatis dalam album ini. "Aku bertanya-tanya apakah "Singularity" adalah lagu paling dramatis dari semua lagu solo para personel. Aku melakukan pertunjukan solo. Apakah itu terlihat keren?", tutur dia.

Suga enggak ketinggalan. Lagunya yang berjudul Trivia: Seesaw, kata Suga adalah lagu yang amat personal karena menggambarkan sebagian jati dirinya yang selama ini ia sembunyikan. "Setelah album dirilis, banyak orang bereaksi dengan mengatakan, 'Dia pandai bernyanyi'. Di konser, orang-orang berkata 'Dia bisa menari'. Aku menulisnya sambil berpikir untuk membuatnya menjadi nomor 1 di tangga musik," kata Suga.
 

Tag: k-pop album musik industri musik

Bagikan: