Tak Ada Kopi, 5 Minuman ini Bisa Jadi Alternatif

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Siapa yang suka ngopi? Coba tunjuk tangan. Buat sebagian orang, kopi memang seakan jadi minuman wajib mereka. Tanpa rasa pahitnya kopi, hidup seakan terasa hambar.

Tapi mereka juga sadar kalau minum kopi berlebihan sama saja mengundang penyakit. Bahkan memicu ketidaksuburan pada wanita, serangan jantung, gangguan pencernaan, sakit kepala dan lainnya. 

Menurut ahli, asupan kafein harian tidak boleh melebihi 400 mg atau empat cangkir per hari. Minum kafein secara berlebihan dapat menyebabkan overdosis kafein seperti mual, pusing, gelisah, jantung berdebar berkeringat dan lainnya.

Hidup memang terkadang perlu variasi. Begitu juga kebiasaan minum kopi. Tak ada salahnya menjajal lima minuman alternatif ini seperti dilansir Antara yang mengutip Boldsky. Fungsinya hampir mirip-mirip kopi yang pasti.

1. Kopi akar dandelion Jika menyukai rasa kopi dan mencari alternatif minuman sehat, kopi akar dandelion adalah pilihan terbaiknya. Minuman ini mengandung vitamin A, B, C dan D, zat besi, kalsium, dan magnesium yang membuatnya menjadi minuman yang lebih bergizi daripada kopi. Kalsium dan magnesium hadir dalam kopi akar dandelion diperlukan untuk produksi energi.

2. Matcha green tea Matcha green tea disajikan dalam bentuk teh bubuk hijau. Matcha green tea adalah bentuk terkonsentrasi teh hijau yang memberi peminumnya antioksidan, klorofil dan serat. Hal ini berguna untuk mencegah penyakit jantung, memerangi kanker dan baik untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2. Minuman ini juga memberi cukup kafein dan meningkatkan energi sehingga kantuk pergi.

3. Teh kunyit Teh kunyit mengandung bahan aktif di dalamnya yang disebut kurkumin dan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Teh kunyit membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, gejala radang sendi, mencegah kanker, alzheimer dan lainnya. Orang yang menderita kerusakan hati dan batu empedu harus memasukkan minuman ini dalam makanan mereka.

4. Cokelat panas Minuman ini meningkatkan energi dan sangat bagus untuk memulai hari. Cokelat panas mengandung neurotransmitter yang disebut anandamide, fungsinya membantu dalam menjaga kesehatan mental bahkan memicu kebahagiaan. Cokelat juga merupakan sumber magnesium yang membuat kita tetap aktif.

5. Maca panas Minuman ini mengandung nutrisi seperti protein dan dianggap sebagai makanan super. Maca ini biasanya digunakan untuk membuat latte dan smoothie. Maca memberi energi dan membantu dalam mengelola hormon. Ini merupakan minuman alternatif yang sehat untuk mengganti kopi.

Tag: kopi gayo

Bagikan: