Cara Menggunakan Ampas Kopi untuk Tanaman, Pupuk Murah Kualitas Wah

| 25 Nov 2023 12:05
Cara Menggunakan Ampas Kopi untuk Tanaman, Pupuk Murah Kualitas Wah
Ilustrasi minuman kopi (pexels)

ERA.id - Kopi tak hanya bisa jadi minuman yang enak dan memberi semangat. Ampas dari kopi juga bisa dimanfaatkan, salah satunya sebagai penyubur pupuk. Cara menggunakan ampas kopi untuk tanaman juga tidak susah.

Ini bukan hal baru, beberapa negara di dunia juga memanfaatkan ampas kopi dalam budidaya tanaman. Masyarakat negara kita juga terbiasa mengonsumsi kopi, tapi sayangnya belum terbiasa memanfaatkan ampasnya dengan tepat.

Jika Anda adalah suka berkebun di rumah, ampas kopi sebenarnya adalah alternatif yang sangat baik untuk dijadikan pupuk. Jika Anda bukan peminum kopi, tentu susah mendapatkan ampas kopi. Nah, Anda bisa datang ke kedai kopi dekat rumah Anda untuk meminta ampas kopi.

Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman

Dilansir Otten, ampas kopi juga mengandung fosfor, potasium, magnesium, dan tembaga yang bisa menjadi nutrisi baik bagi tanah. Menurut Linda Chalker Scott, Ph.D., ampas bubuk kopi bisa mencegah pertumbuhan jamur yang merugikan tanaman. Jamur baik yang tumbuh dari ampas kopi bisa menekan pertumbuhan jamur jahat pada tanaman.

Sementara, menurut BBPP Kupang, ampas kopi kaya akan nitrogen, phospat, dan kalium. Zat-zat tersebut punya peran yang penting dalam pertumbuhan tanaman. Selain itu, pemanfaatan ampas kopi sebagai pupuk kompos sangat ekonomis dan ramah lingkungan.

Menyeduh kopi menghasilkan ampas kopi (pexels)

Kompos ampas kopi cocok diberikan kepada tanaman yang butuh pH rendah atau sekitar 5,5—6,5. Beberapa contoh tanaman tersebut adalah cabai, tomat, dan kacang panjang.

Selain jamur, pupuk kompos ampas kopi juga bisa jadi pestisida alami. Ampas kopi yang ditaburkan ke permukaan tanah bisa mencegah serangan hama, seperti siput dan semut pemakan bibit.

Selain itu, pupuk ampas kopi ramah juga terhadap ekosistem. Cacing tanah tidak terganggu dengan kehadiran pupuk kompos ampas kopi. Hewan penyubur tanah itu malah mau memakannya. Jika cacing tertarik dengan ampas kopi, bukankan itu berarti baik juga untuk kualitas tanah pertanian Anda?

Cara Menggunakan Ampas Kopi untuk Tanaman

Cara membuat pupuk kompos dari ampas kopi tidak susah. Langkah-langkahnya bahkan mirip dengan proses pembuatan minuman kopi. Berikut adalah langkah pembuatan pupuk ampas kopi dengan kopi baru.

Alat dan bahan

  • Panci
  • Alat pengaduk
  • Bubuk kopi
  • Air secukupnya

Proses pembuatan

  • Masak air sesuai jumlah bubuk kopi yang ingin diolah. Setelah air mendidih, matikan kompor dan masukkan bubuk kopi ke panci tersebut.
  • Aduk hingga kopi dan air tercampur rata.
  • Setelah beberapa waktu, saring larutan kopi untuk memisahkan air dari ampasnya.
  • Setelah itu, Anda bisa menikmati minuman kopi hasil penyaringan tersebut, sementara, ampas kopi dijemur hingga kering.
  • Setelah ampas kopi kering, jadikan ampas kopi itu sebagai pupuk kompos.
  • Cara menggunakannya adalah ditaburkan pada media tanam.

Sementara, jika Anda memang terbiasa membuat minuman kopi, maka kumpulkan ampas kopi pada satu wadah. Setelah itu, jemur ampas kopi hingga kering dan taburkan pada media tanam.

Itulah cara menggunakan ampas kopi pada tanaman agar subur. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi