Tips Agar Konten YouTube-mu Ditonton Orang Banyak

| 22 Sep 2018 12:08
Tips Agar Konten YouTube-mu Ditonton Orang Banyak
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Friends, siapa dari kamu-kamu yang sedang meniti karier sebagai YouTuber? Mengaku sajalah, hari gini, profesi sebagai pengelola sebuah konten YouTube memang sangat menjanjikan. YouTube sendiri telah mengakui hal tersebut. Bahkan, perwakilannya bersedia membagikan tips agar konten YouTube kita lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari di YouTube.

Berikut empat tips yang dibagikan seorang perwakilan YouTube, Geri Azriel Siddik:

1. Topik trending

Hal pertama yang perlu dilakukan agar video kamu mudah ditemukan adalah dengan membuat topik trending dalam konten tersebut. "Begitu ada topik yang lagi hangat, orang pasti mencarinya di Google ataupun YouTube dan saat ini orang makin banyak mencari di YouTube ketimbang melalui mesin pencari Google," katanya.

Dia mencontohkan, saat Asian Games ternyata orang-orang lebih banyak mencari upacara pembukaan langsung di YouTube dibandingkan Google. "Walaupun topik yang sedang trending wajib dimasukkan, tetap jangan sampai hal ini menghilangkan jati diri dan bagaimana agar topik trending ini masih bisa terkait dengan kreatifitas serta jati diri kanal YouTuber," tutur Manager Strategic Partnerships YouTube Indonesia dan Malaysia.

2. Evergreen content

Maksudnya, buatlah konten-konten yang timeless, yang tetap segar meski dimakan waktu, selalu dicari orang tanpa mengenal istilah kadaluwarsa. "Konten edukatif atau cara memakai scarf sampai beberapa tahun ke depan juga bakal terus ditonton, dan konten-konten ini selalu dicari orang," tuturnya.

3. Informasi lengkap

Dengan informasi selengkap mungkin, mesin pencarian akan lebih mudah menemukan konten kamu. Informasi lengkap yang dimaksud Geri Azriel adalah deskripsi, informasi soal apa isi dari konten video kamu, hingga menaruh informasi tersebut dalam metadata di YouTube. Langkah yang sifatnya teknis macam begini penting sekali kawan.

"Kalau sudah bisa mengoptimalkan hal tersebut, termasuk memasukkan semua informasi yang ada di video tersebut, deskripsi dan metadata, itu akan jauh lebih mudah untuk bisa ditemukan di mesin pencari," ujar Geri.

4. Suggested video

Tips terakhir dalam upaya mempermudah konten ditemukan mesin pencarian adalah suggested video. Tips yang ini sangat mendasar, tapi begitu sering terlupakan oleh para pembuat konten YouTube.

Padahal, menurut Geri, trafik terbesar dari YouTube adalah suggested video, bukan dari mesin pencari, apalagi fitur home dan subscriptions. Jadi, enggak boleh dilupakan banget tuh.

Tags : youtuber youtube
Rekomendasi