Apa Itu Cabang Olahraga Boccia?

Tim Editor

Ilustrasi (Twitter @BISFed)

Jakarta, era.id - Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018. Pesta olahraga difabel tingkat Asia ini akan digelar pada 6-13 Oktober 2018 di Jakarta, tepatnya di Gelora Bung Karno, Jakarta International Velodrome dan JIExpo.

Ada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan 568 nomor. Indonesia akan mengirimkan wakil untuk semua cabang olahraga di mana dari cabang-cabang tersebut ada dua cabang yang diciptakan khusus untuk atlet difabel. Salah satunya adalah Boccia.

Dilansir dari channel YouTube Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Boccia adalah olahraga khusus untuk para penyandang cerebral palsy. Olahraga ini sudah diperkenalkan sejak 1984, namun baru dipertandingkan di Indonesia di event Peparpenas (Pekan Paralimpian Pelajar Nasional) di Solo pada 2017.

Supaya kamu tahu. Cerebral palsy adalah gangguan gerakan, otot, atau postur yang disebabkan oleh cedera atau perkembangan abnormal di otak, paling sering terjadi sebelum kelahiran.


Ilustrasi (Twitter @BISFed)

Sementara itu, Boccia merupakan olahraga strategi dan ketepatan dengan menggunakan bola berdiameter 100 milimeter dan berat 275 gram. Ada tiga warna bola yang digunakan; yakni putih yang disebut bola jack, lalu bola merah dan bola biru

Permainan ini terbagi dalam tiga kategori: yakni individu dengan melakukan enam kali lemparan, ganda (tiga kali lemparan), dan beregu atau tim (dua kali lemparan). Satu pertandingan terdiri dari dua tim yang dibedakan berdasarkan warna; tim merah melawan tim biru. Dan dalam satu game permainan terdiri dari empat end (babak).
 
Gambaran sederhananya begini. Olahraga Boccia ini merupakan permainan mendekatkan bola merah dan bola biru ke arah bola jack. Cara memainkannya, yang paling banyak mendekatkan bola merah dan bola biru ke arah bola jack di setiap end maka dialah pemenangannya.

Bola jack harus melalui V Area. Jika tidak melewati V Area maka bola jack harus diberikan kepada tim lawan. Jumlah dari setiap end kemudian akan diakumlasi untuk menentukan skor akhir dan pemenangnya.
 


Baca Juga :  Inilah Para Peraih The Best FIFA Football Awards 2018

 

Tag: cabang olahraga boccia asian para games 2018

Bagikan: