Banyak Minum Cegah Infeksi Kandung Kemih pada Perempuan

| 03 Oct 2018 09:38
 Banyak Minum Cegah Infeksi Kandung Kemih pada Perempuan
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Sudah jadi kampanye kesehatan minum air 1,5 liter perhari. Tapi ternyata, minum air lebih banyak dari itu ada dampak positifnya. Kamu, khususnya perempuan, akan lebih sedikit mengalami infeksi kandung kemih.

Dilansir dari The Indian Express, Selasa (2/10/2018), sebuah penelitian membuktikan, perempuan yang minum lebih dari 1,5 liter air setiap hari mengalami 48% lebih sedikit terjangkit infeksi ulkus daripada mereka yang minum cairan dengan ukuran biasa. 

"Temuan ini penting karena lebih dari separuh dari semua wanita melaporkan memiliki infeksi kandung kemih, yang merupakan salah satu infeksi paling umum pada wanita," kata seorang profesor di University of Texas di AS, Yair Lotan.

Selain itu, lebih dari seperempat wanita mengalami infeksi sekunder dalam enam bulan sejak infeksi awal; dan 44-77 persen di antaranya akan kambuh dalam setahun.

Para peniliti menduga, lebih banyak cairan dapat membantu mengurangi bakteri dan membatasi kemampuan bakteri yang menempel pada kandung kemih.

Infeksi saluran kemih ini memiliki gejala nyeri atau kesulitan buang air kecil, perasaan kandung kemih penuh, frekuensi buang air kecil, kelembutan di daerah perut bagian bawah, dan adanya darah pada urine.

Tapi tenang, infeksi ini bisa diobati dengan antibiotik, peningkatan cairan dapat membantu mengurangi penggunaan antibiotik dan dengan demikian membantu mengendalikan resistensi antibiotik.

So, minum air yang banyak biar kita makin sehat.

Rekomendasi