Jepretan Kamera iPhone XS Belum Bisa Kalahkan Huawei P20 Pro

Tim Editor

IPhone XS dan iPhone XS Max (Phone Arena)

Jakarta, era.id - Sepanjang sejarahnya Apple selalu mengedepankan keunggulan kameranya, terlebih pada duo iPhone XS dan XS Max teranyar mereka. Namun siapa sangka, hasil jepretan produk termahal iPhone itu belum bisa menandingi hasil gambar dari Huawei P20 Pro dalam pengujian DXO Mark.

Berdasarkan situs referensi pengujian kualitas gambar tersebut, DXO Mark hanya memberi skor sebesar 105 poin untuk iPhone XS Max dan menempatkannya di urutan ke dua di bawah Huawei P20 Pro (109).

Pengujian yang dilakukan oleh DXO Mark mulai dari mengukur kemampuan kamera pada tingkat exposure, kemampuan low-light, akurasi warna, autofokus, hingga rentang dynamic rangenya. Hasilnya iPhone XS Max masuk dalam jajaran top kamera untuk jajaran smartphone saat ini.

"Selain mampu menghasilkan foto berkualitas di kondisi cahaya terang, kamera iPhone XS Max juga sangat bisa diandalkan untuk selalu menghasilkan gambar bagus," komentar DXO Mark seperti dikutip Android Authority, Minggu (7/10/2018).

Kendati demikian, dalam beberapa pengujian, hasil jepretan dari iPhone XS Max kalah dan tak bisa menandingi pesaingnya. Khususnya pada pengujian scene indor dengan kondisi cahaya backlight.

komparasi foto backlight iphone vs huawei p20 ProDalam kondisi backlit indoor, iPhone XS Max (foto kiri) tampak lebih gelap dibandingkan Huawei P20 Pro (foto kanan). (DXO Mark)

Selain itu, hasil zoom kamera iPhone XS Max terbilang lebih kasar dibanding kompetitornya Huawei P20 Pro yang memiliki 3 lensa kamera. Dalam kondisi malam hari, hasil jepretan iPhone XS Max juga mengalami desaturasi warna sehingga kurang cerah.

Di kondisi low-light malam hari, iPhone XS Max (foto kiri) mengalami desaturasi sehingga warna-warnanya tidak secerah hasil foto Huawei P20 Pro (foto kanan) (DXO Mark)


DXO Mark menilai justru Apple telah melakukan peningkatan terbesar dari sisi software di iPhone XS Max dibandingkan seri pendahulunya iPhone X yang cenderung kurang pada peranti lunaknya. Hal ini membuat iPhone XS Max mampu merekam multi-frame dengan exposure yang berbeda.

"Fungsi preview (real time HDR) ini sekarang belum tersedia di kompetitor manapun dari sang iPhone," kutip era.id.

Soal kemampuan video, iPhone XS Max sanggup merekam video 4K dengan frame rate hingga 60 FPS atau Full-HD (1.920 x 1.080) hingga 240 FPS. Hasil pengujian DXO Mark selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut. Kamera iPhone XS sama dengan milik iPhone XS Max sehingga keduanya memiliki kemampuan yang sebanding.

Supaya kalian tahu, iPhone XS Max dibekali kamera utama dengan resolusi 12 megapiksel yang dipasangkan dengan lensa wide angle berbukaan f/1,8 dengan Optical Image Stabilizer (OIS). Kamera kedua iPhone XS Max juga memiliki resolusi 12 megapixel, tapi dengan ukuran pixel lebih kecil (1 mikrometer). Kamera ini memiliki lensa telephoto 2x dengan bukaan f/2.4 dan OIS.
 

Tag: produk apple apple fanboy iphone xs huawei sindir apple

Bagikan: