China Bakal Bangun 10 Ribu Sekolah Bola

| 12 Oct 2018 06:15
China Bakal Bangun 10 Ribu Sekolah Bola
Ilustrasi (Pixabay)
Beijing, era.id - China nampaknya betul-betul serius mengembangkan sepak bola mereka. Enggak cuma liga utamanya yang mulai membajak pemain-pemain top Eropa, China nyatanya juga serius mengembangkan talenta sepak bola dalam negeri.

Tahun 2020 mendatang, China menargetkan pembangunan 10 ribu unit sekolah sepak bola (SSB) untuk anak didik usia dini. Asosiasi Sepak Bola China (CFA) menyebut proyek ini sebagai Proyek Sepak Bola Anak-anak.

Proyek tersebut bertujuan untuk mendorong anak-anak usia tiga hingga enam tahun guna menggalakkan persepakbolaan di seluruh daratan Tiongkok, demikian media resmi setempat melaporkan, Kamis (11/10).

Oleh karena itu, CFA memiliki rencana membuka 10 ribu taman kanak-kanak yang khusus untuk pendidikan sepak bola pada 2020. CFA juga mencanangkan "Bulan Promosi Sepak Bola Muda" mulai Rabu (10/10) untuk memobilisasi cabang-cabang CFA dan masyarakat agar menggalakkan sepak bola melalui seminar dan bekerjasama dengan liga sepak bola profesional China.

Kementerian Pendidikan China (MOE) pada bulan Februari lalu mengumumkan rencana untuk meningkatkan jumlah sekolah berkarakter sepak bola hingga mencapai 20 ribu unit sampai akhir tahun ini dan 5 ribu unit hingga 2025 serta membentuk 200 tim sepak bola pelajar.

Pemerintah meluncurkan program reformasi sepak bola pada 2015 dan cetak biru pada April 2016 untuk menjaring 50 juta anak-anak dan usia dewasa menjadi pemain sepak bola hingga akhir dasawarsa ini dengan sasaran utama adalah menjadikan China sebagai salah satu kekuatan sepak bola dunia pada 2050.

Persepakbolaan China masih tertinggal dibandingkan dengan beberapa negara lain di Asia. Selama ini China hanya satu kali mengikuti putaran final Piala Dunia yang digelar di Korea Selatan-Jepang pada 2002.

Rekomendasi