Selamat Jalan Paul Allen

Tim Editor

Pendiri Microsoft Paul Allen (Twitter @paulallen)

Jakarta, era.id - Kabar duka menyelimuti jagat teknologi setelah salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen, meninggal dunia. Kanker Limfoma non-Hodgkin menjadi penyebab kematiannya di usia 65 tahun.

Allen lahir pada 21 Januari 1953 di Seattle, Amerika Serikat, dari pasangan Kenneth Sam Allen dan Edna Faye Allen. Baik ayah maupun ibunya sama-sama bekerja di institusi pendidikan.

Perjalanan Allen dalam mendirikan Microsoft bermula saat ia memutuskan untuk bersekolah di Lakeside School, salah satu sekolah swasta di Seattle, ketika dirinya duduk di bangku SMA.

Di sana, ia bertemu dengan Bill Gates, yang usianya dua tahun lebih muda dibanding dirinya. Saat itu, Allen berada di kelas 11. Keakraban antara keduanya terjalin lantaran memiliki ketertarikan di bidang yang sama.

Jatuh bangun keduanya dalam mendirikan Microsoft membuahkan hasil. Sampai IBM datang dan meminta keduanya untuk menyediakan sistem operasi bagi PC buatannya, dari sanalah Microsoft dikenal khalayak luas.

Pada 2009, kanker kelenjar getah bening yang dideritanya menyapanya kembali. Sejak saat itu lah, ia terus berjuang melawannya. Akhirnya, pada Senin (15/10/2018) sore waktu setempat, ia menghembuskan napas terakhirnya di Seattle. Komplikasi terhadap penyakitnya itu yang menjadi penyebabnya.

Selamat jalan, Paul Allen. Terima kasih telah melahirkan Microsoft dan memberikan kontribusi besar di dunia teknologi.
 

Tag: chipset teknologi 7nm microsoft

Bagikan: