Jangan Langsung Isi Air Minum Sehabis Cuci Botol

| 28 Nov 2018 16:28
Jangan Langsung Isi Air Minum Sehabis Cuci Botol
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Spesialis mikrobiologi klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Yulia Rosa Saharman mengatakan, botol yang baru saja dicuci sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu dan jangan langsung diisi dengan air minum.

Yulia menyebut, meski secara kasat mata terlihat bersih, apalagi bila selama ini hanya diisi air mineral, botol air minum juga berpotensi jadi tempat bakteri berkembang biak.

"Bakteri menyukai tempat yang lembab," ujar Yulia dalam peluncuran Scotch-Brite Bottle Cleaner di Jakarta, seperti dikutip Antara, Rabu (28/11/2018).

Yulia mengemukakan, terdapat riset dari peneliti di Universitas Wisconsin, Amerika Serikat, yang membandingkan kadar kuman pada botol yang dibawa mahasiswa dengan kadar kuman di dudukan toilet.

"Ternyata, jumlah bakteri di botol lebih banyak daripada yang ada di toilet seat," ujar dia.

Cara mencegah mikroba berkembang biak di botol minum adalah mencucinya dengan benar. Hal itu bakal mengurangi jumlah bakteri, meminimalisasi risiko munculnya penyakit akibat mikroba seperti sakit perut.

Menurut Yulia, air dan sabun saja tidak cukup untuk mengeluarkan bakteri dari dalam botol. Sekadar mengocok isi botol dengan air panas juga belum cukup.

Tags : kesehatan
Rekomendasi