Adrian Yunan Tampil di Acara Penghargaan Emir Kuwait

| 10 Dec 2018 16:40
Adrian Yunan Tampil di Acara Penghargaan Emir Kuwait
Adrian Yunan bersama Reza Ryan (kanan) dan multi-instrumentalis Roy Haris Chandra (kiri) (Foto: Instagram @adrianyunan)
Jakarta, era.id - Musisi difabel Adrian Yunan tampil dalam acara UNESCO/Emir Jaber Al Ahmad Al Jaber Al Sabah Prize for Digital Empowerment of Persons with Disabilities yang dihelat di Paris, Prancis, Senin (3/12) lalu.

Ini adalah ajang penghargaan tingkat dunia untuk para penyandang disabilitas yang punya peranan penting dalam pemberdayaan kehidupan di bidang teknologi dan komunikasi informasi yang terkait dengan aspek sosial. Penghargaan ini telah berlangsung sejak 2002 dan didukung penuh oleh pemerintah Kuwait. Nama penghargaan sendiri diambil dari Emir Kuwait (1977-2006).

“Buat gue, hal ini besar impact-nya. Gue jadi tambah percaya diri dan tambah semangat. Dua hal yang sangat penting dari acara itu adalah tampil bermusik dan wawancara. Gue berharap dalam wawancara gue bisa menyampaikan pengalaman sebagai penyandang disabilitas di Indonesia. Sejujurnya di Indonesia para penyandang disabilitas masih belum mendapat perhatian yang baik,” ungkap Adrian.

Adrian bertolak dari Indonesia pada 2 Desember 2018. Di Paris, Adrian tampil dengan format trio bersama gitaris Reza Ryan dan multi-instrumentalis Roy Haris Chandra. Adrian membawakan tiga lagu, yaitu Mainan, Lari, dan Ruang yang Sama. Ketiga lagu itu diambil dari album debut Sintas (2017).

Untuk memperkenalkan identitas Indonesia, Adrian mengaransemen ulang lagu Mainan dan Lari dengan melibatkan instrumen tradisional, yaitu suling sunda, karinding, rebana aceh dan angklung.

Selain Adrian dari Indonesia, terdapat musisi dari lima negara lain yang berpartisipasi dalam acara ini, yaitu dari Singapura, Jepang, Mauritius, Perancis dan Swiss. 

“Untuk teman-teman sesama difabel, gue dahulu enggak terbayang bisa sejauh ini. Ternyata, walau penglihatan gue diambil, tetapi rahmat Tuhan tidak diambil. Untuk para difabel harus tetap bersyukur. Kalau kita bersyukur, pikiran jadi positif. Tetap jalani kehidupan, meningkatkan kualitas hidup seperti orang normal lain,” kata Adrian tentang kesempatan ini.

Adrian Yunan juga dikenal sebagai mantan bassis Efek Rumah Kaca. Bersama Efek Rumah Kaca, Adrian merilis album berlabel self-titled (2007), Kamar Gelap (2008), dan Sinestesia (2015). Tidak lama setelah album Sinestesia dirilis, Adrian memutuskan bersolo karier. 

Sejak 2005, indra penglihatan Adrian terus memburuk hingga akhirnya tidak dapat melihat. Terdapat beberapa diagnosa berbeda dari kondisi ini. Pada 2010, Adrian sempat memeriksakan kondisinya di salah satu rumah sakit di Singapura. Dokter menyebut permasalahan penglihatan Adrian disebabkan serangan virus toksoplasma. 

Baca Juga : Ed Sheeran Konser di Jakarta Mei 2019

 

Tags :
Rekomendasi