VIDEO: Kenali Bercak Putih di Gusi Bayi
VIDEO: Kenali Bercak Putih di Gusi Bayi

VIDEO: Kenali Bercak Putih di Gusi Bayi

By Aditya Fajar | 23 Dec 2018 15:09
Jakarta, era.id - Buat para Mom's ada info menarik nih buat kalian dalam menjaga bayi agar tetap bersih demi kesehatannya sangat penting dilakukan. Sebab, berbagai penyakit bisa mengancam Si Kecil jika kebersihan dirinya tidak diperhatikan dengan baik. 

Dan salah satu penyakit yang bisa menyerang bayi adalah candidiasis. Candidiasis disebabkan jamur yang disebut Candida albicans, yaitu jamur normal yang berada pada mulut, usus, dan genitalia. 

Pada bayi yang terkena jamur Candida di mulutnya akan menampakkan gejala lesi putih atau krem di lidah, pipi bagian dalam, langit-langit mulut, gusi, serta amandel. Lesi tersebut tidak akan segera menghilang dan dapat bertahan lama bahkan sampai berminggu-minggu.

Bayi mungkin juga mengalami kesulitan makan dan menjadi rewel. Infeksi ini pun bisa menular kepada ibu selama masa menyusui. Hal ini akan ditandai dengan puting susu memerah, gatal, terasa nyeri hingga sakit tak biasa saat proses menyusui.

Jadi buat para Mom's ada baiknya menjaga kesehatan dedek bayinya sebelum terlambat. Ada baiknya bila sudah muncul gejala-gejala itu untuk memeriksakan bayi ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan langsung terhadap bercak putih di rongga mulut, dan segera diberikan jenis pengobatan yang tepat

Rekomendasi
Tutup