VIDEO: Kembang Api untuk Mengusir Roh Jahat
VIDEO: Kembang Api untuk Mengusir Roh Jahat

VIDEO: Kembang Api untuk Mengusir Roh Jahat

By Aditya Fajar | 31 Dec 2018 14:51
Jakarta, era.id - Pergantian tahun 2018 ke 2019 tinggal menghitung jam. Pada malam tahun baru, tak lengkap rasanya dengan tradisi menyalakan kembang api yang akan menghiasi langit malam dengan suka cita.

Tapi tahukah kalian, kalau ternyata kembang api dulunya digunakan oleh bangsa China untuk mengusir, setidaknya menakuti-nakuti setan, iblis, dan roh jahat.

Menurut kepercayaan di daratan China, saat itu wabah penyakit itu disebabkan oleh setan dan iblis tengah murka pada ulah manusia. Untuk mengusirnya, penduduk pun memukul-mukul benda yang bersuara nyaring seperti seng, tambur dan gendang, serta menyulut petasan.

Pada masa Dinasti Ming (1368-1644), orang Cina telah menggunakan obat mesiu untuk membuat petasan dan kembang api, yang ditembakkan ke udara dan membuat pola-pola indah warna-warni. 

Maka, petasan digunakan untuk meramaikan pesta-pesta, seperti tahun baru Imlek, capgomeh dan pehcun (pesta perahu) serta berbagai pesta rakyat lainnya. Petasan yang dibuat dengan cara mencampurkan bahan belerang (sulfur) dan nitrat.

Rekomendasi
Tutup