Hakim Minta Ed Sheeran Hadapi Gugatan Plagiarisme Lagu

| 04 Jan 2019 15:02
 Hakim Minta Ed Sheeran Hadapi Gugatan Plagiarisme Lagu
Ed Sheeran (Foto: Twitter @EdSheeranFans)
Los Angeles, era.id - Hakim Amerika Serikat menolak permintaan penyanyi Inggris Ed Sheeran untuk membatalkan gugatan berisi tuduhan lagu hit Thinking Out Loud. Lagu ini dianggap meniru elemen-elemen inti dari lagu klasik Let's Get It On dari Marvin Gaye tahun 1973. 

Dalam keputusan yang diumumkan kepada publik, Kamis (3/1/2019), Hakim Distrik AS Louis Stanton di Manhattan mengatakan juri harus memutuskan apakah Sheeran, Sony/ATV Music Publishing dan Atlantic Records harus bertanggung jawab pada pewaris dari mendiang produser Ed Townsend, yang turut menulis Let's Get It On bersama Gaye.

Dikutip Antara dari Reuters, Jumat (4/1) Stanton menemukan kesamaan substansial antara beberapa elemen musik dari dua karya itu, termasuk bass dan perkusi, dan ada perdebatan apakah ritme harmonis Let's Get It On terlalu umum untuk mendapatkan perlindungan hak cipta. 

Dia juga mengatakan pendengar awam mungkin melihat daya tarik estetika kedua lagu itu sama, terlepas dari argumen bahwa Thinking Out Loud punya nada muram, melankolis, berbicara tentang cinta romantis yang bertahan lama sementara Let's Get It On adalah lagu yang memancarkan emosi positif.

Sheeran membantah telah menjiplak karya Gaye. Namun perwakilan untuk Sheeran dan Atlantik tidak segera menanggapi permintaan komentar. Sementara juru bicara Sony / ATV Paul Williams menolak memberikan komentar.

Coba sekarang kamu bandingkan sendiri. Mirip enggak?

 

Supaya kamu tahu. Ed Sheeran dipastikan menggelar konser di Indonesia pada 3 Mei 2019 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Konser bertajuk Ed Sheeran Divide World Tour 2019 tersebut diprakarsai AEG Presents, PK Entertainment, dan Sound Rhythm.

Kepastian konser Ed Sheeran di Jakarta ini juga sudah dikonfirmasi oleh pihak sang artis melalui website resmi mereka edsheeran.com di mana nama 'Gelora Bung Karno Stadium' tertera dalam jadwal tur pelantun Thinking Out Loud tersebut; di bawah Rajamangga National Stadium (Bangkok, Thailand) dan di atas Groupama Stadium (Lyon, Prancis)    

 

Tags : album musik
Rekomendasi