6 Musisi Bunuh Diri Sepanjang 2017
6 Musisi Bunuh Diri Sepanjang 2017

6 Musisi Bunuh Diri Sepanjang 2017

By akuntono | 28 Dec 2017 23:10
Jakarta, era.id - Kematian tak dapat dihindar. Namun, sebagian orang malah menjemputnya. Banyak latar belakang bunuh diri tersebut akibat depresi berat.

Tak hanya masyarakat biasa, sejumlah musisi terkenal melakukan aksi bunuh diri tersebut. Mulai dari gantung diri, menembak kepalanya sendiri, hingga mengisap asap karbonmonoksida. Berikut enam aksi bunuh diri musisi yang membuat publik heboh sepanjang 2017. 

Chris Cornell

Jadi pioner musik Grunge lewat bandnya Soundgarden. Sempat kolaborasi dengan Eddie Vedder (Pearl Jam) di Temple of The Dog pada masa keemasan Grunge. Makin bersinar di usia matang saat membentuk grup musik Audioslave dengan sejumlah anggota pecahan grup musik Rage Against The Machine. Namun, kejayaan tidak menenangkannya, Chris bunuh diri 18 Mei 2017. 

Chris memilih meninggal dunia dengan cara gantung diri di usia 52 tahun. Dia tak bernyawa ketika menjalani rangkaian konser saat manggung di Fox Theater, AS.

Sebelum memutuskan bunuh diri, Chris sempat mengatakan, "Saya sudah lelah" kepada istrinya Vicky Karayiannis melalui telepon. Merasakan firasat buruk, Vicky meminta bodyguard memeriksa suaminya. Tetapi, Chris tak lagi bernyawa di kamar mandi hotel.

 

Chester Bennington

Vokalis Linkin Park, Chester Bennington, meninggal dunia di usia 41 tahun pada 20 Juli 2017. Jasadnya ditemukan gantung diri di antara tumpukan botol kosong bir Stella Artois dan obat Zolpidem, di rumahnya di Palos Verdes, Los Angeles, AS.

Chester punya masa lalu yang buruk. Dia sempat mengalami pelecehan seksual saat masih belia. Ketika album pertama bandnya meledak, Hybrid Theory dan Reanimation, Chester disanjung-sanjung karena sound vokalnya yang khas. Namun, dia justru mengalami gejala tidak nyaman.

Sepanjang hidupnya, Chester juga dikenal sebagai alkoholik. Dia menderita depresi dan punya keinginan untuk bunuh diri. Pada 2006, Chester pernah kepergok rekannya keluar rumah dengan pistol di tangan, setelah menenggak alkohol dalam jumlah banyak.

 

Butch Trucks 

Drummer dari grup musik Allman Brother mengembuskan napas terakhir pada 24 Januari 2017. Butch ditemukan meninggal setelah menembak kepalanya sendiri di kediamannya, di West Palm Beach, Florida, AS. Butch yang meninggal di usia 69 tahun dikuburkan di samping makam pendiri Allman Brother lainnya, Berry Oakley.

Pria kelahiran 1947 ini tercatat sebagai musisi di Rock and Roll Hall of Fame pada 1995 silam. Sementara bandnya diganjar Lifetime Achievement Grammy pada tahun 2012. Allman Brother terkenal dengan hits Ramblin Man yang sempat bercokol di urutan atas tangga lagu Billboard di Inggris. 

 

Yama Buddha

Anil Adhikari, atau karib disapa Yama Buddha merupakan rapper terkenal di Nepal. Usianya baru 29 tahun, tetapi dia mengidap depresi berat akibat tekanan menjadi orang terkenal. Pada tanggal 14 Januari 2017, Yama ditemukan meninggal gantung diri menggunakan ikat pinggang di apartemennya di London, Inggris.

 

Tommy Page

Penyanyi dan pencipta lagu Tommy Page tutup usia pada tanggal 3 Maret 2017. Dia meninggal di usia 46 tahun karena gantung diri. Tommy memiliki kecenderungan gangguan jiwa akibat perasaan tertekan.

Tommy telah menghasilkan delapan album. Ketika menjalani tur keliling dunia, dia mengunjungi Indonesia. Singlenya A Shoulder to Cry On membahana di konsernya, di Kelapa Gading, 4 Juni 2016. Penggemar perempuan Tommy di tanah air kala itu terhitung fanatik.

 

Jonghyun SHINee

Anggota boyband SHINee, Jonghyun, mengakhiri hidupnya dengan cara tragis. Dia bunuh diri, mengisap asap karbonmonoksida dari briket yang dibakarnya. Meski sempat dibawa ke rumah sakit, nyawanya tak tertolong. Jonghyun meninggal 18 Desember 2017.

Sebelum tutup usia, Jonghyun memberikan pesan terakhir kepada keluarganya. Dia juga menyempatkan menulis surat kuasa untuk mendonorkan organ tubuhnya, dan harta warisan untuk keluarga.

Seluruh anggota SHINee, Key, Onew, Taemin dan Minho mengaku kehilangan Jonghyun. Keempatnya hadir di prosesi pemakaman sahabatnya tersebut sambil bergantian membawa nama bertuliskan Jonghyun.

 

 

Tags :
Rekomendasi
Tutup