Mimpi Indah Yon Koeswoyo
Mimpi Indah Yon Koeswoyo

Mimpi Indah Yon Koeswoyo

By Ananjaya | 05 Jan 2018 15:40
Jakarta, era.id - Suasana duka menggelayut di kediaman Yon Koeswoyo. Kepergian vokalis sekaligus gitaris band legendaris Koes Plus itu meninggalkan sepenggal kisah pilu. 

Yon bermimpi bertemu dengan sang kakak Tony Koeswoyo. Dalam mimpi indah itu, kakak-beradik yang tumbuh dalam satu band ini menggarap lagu bersama. Nostalgia remaja 'Koes Bersaudara' yang lama tenggelam itu Yon ceritakan kepada seluruh anggota keluarga.

Yon menyadari perjumpaan dengan kakaknya terjadi di alam sana, alam surga nan indah. Disertai gemerlap lampu pertunjukan panggung yang megah di masa keemasan mereka dulu.

"Di sana (surga) dia membuat suatu show yang wah, spektakuler mungkin di sana," ucap Putra pertama Yon, Gerry Koeswoyo saat ditemui era.id di rumah duka, Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (5/1/2018).

Gerry bertutur, ada keinginan terakhir ayahnya yang belum sempat terwujud. Yon bermain satu panggung bersama keluarganya sendiri, bersama anak dan kemenakannya yang ditinggalkan.

"Terakhir seneng banget dia mau show rame-rame lagi. Second generation mau ke Lombok rencananya Februari," jelas Chicha Koeswoyo, keponakan Yon.

Koes Plus terbentuk pada 1969, dengan personel Tony Koeswoyo (lead gitar, keyboard, vokal), Yon Koeswoyo (rhythm gitar, vokal), Yok Koeswoyo (bass, vokal), dan Murry (drum, vokal). Di masa itu, banyak yang menyebut Koes Ploes ini Beatles-nya Indonesia.

Masa keemasan Koes Plus kian memuncak meski sang pentolan grup Tony Koeswoyo lebih dulu mangkat pada 27 Maret 1987. Menyusul Murry, sang penabuh drum yang meninggal dunia pada 1 Februari 2014. Hari ini, giliran Yon Koeswoyo yang pergi di usia 77 tahun. Kini, grup band legendaris yang menelurkan tembang kenangan ini hanya menyisakan Yok Koeswoyo, adik Yon Koeswoyo. 

Rencananya, Yon akan dimakamkan Sabtu (6/1) di TPU Tanah Kusir Jakarta. "Kami mewakili almarhum mohon maaf yang sebesar-besarnya. Mungkin ada salah-salah kata dan perbuatan almarhum yang tidak disengaja maupun disengaja," kata Gerry. 

"Pesan terakhir, pokoknya kita ini harus rukun-rukun aja, akur-akur aja, kompak. Terus kompak, semangat, seneng," tutur Gerry. 

"Mohon doanya agar diberikan jalan terbaik beliau di sana," ujar Gerry.

Semoga Yon Koeswoyo mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Amin...

Tags : koes plus
Rekomendasi
Tutup