Pesan Damai Jenaka Hiroaki Kato Dalam <i>Beda Selera</i>
Pesan Damai Jenaka Hiroaki Kato Dalam <i>Beda Selera</i>

Pesan Damai Jenaka Hiroaki Kato Dalam Beda Selera

By Riki Noviana | 06 Mar 2019 19:18
Jakarta, era.id - Setelah hampir 13 tahun tinggal di Indonesia, musisi kelahiran Jepang, Hiroaki Kato tentunya sudah sangat menyatu dengan budaya negara ini. Termasuk apa yang terjadi di Indonesia yang kemudian menjadi inspirasi musiknya. 

Ketika ia naik ojek di sore hari di tengah kota, maka jadilah lagu Jakarta Sunset sebagai single ketiga yang dirilis beberapa waktu lalu. Dan kali ini, Hiroaki kembali dengan single terbarunya, Beda Selera, yang terinspirasi dari kondisi demokrasi Indonesia saat ini. Yang menarik, ia menyampaikannya dengan cara jenaka melalui tema kuliner. 

Hal itulah yang disampaikan dalam acara jumpa media di Loop Station, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019) sore. Hiroaki menyampaikan pesan unik ini melalui kecintaanya kepada kuliner Indonesia yang kemudian disisipi pesan moral

"Awalnya cuma mau buat lagu tentang kuliner aja. Kebetulan waktu pertama tinggal di Indonesia di Yogyakarta, saya nemuin banyak kuliner yang cocok dengan selera lidah orang Jepang. Tapi setelah ngobrol-ngobrol dengan produser dan melihat kondisi sekarang yang hot menjelang pilpres ini, saya ingin ngangkat pesan damai. Kita semua beda selera, tapi tujuannya sama," tutur musisi yang juga pengajar tersebut.

Untuk menvisualkannya, Hiroaki beserta tim dari Yoshimoto Kreatif Indonesia menggarap video musik dari single tersebut. Dikisahkan ada dua pasangan yang memiliki selera beda soal makanan favorit. Namun, keduanya punya tujuan yang sama untuk mengenyangkan perutnya masing-masing. Video tersebut rencananya akan diedarkan mulai 9 Maret mendatang. 

Untuk musik dan inspirasi, Hiroaki banyak mengambil inspirasi dari musik swing jazz yang nyaman dan relaks seperti Mocca dan Tulus. Sedangkan lirik jenakanya banyak terinspirasi dari idolanya, Benyamin S.

"Musiknya sih simpel. Saya awalnya hanya mainin akustik dan kemudian memainkannya secara jazz yang easy listening. Nah, saya terinspirasi dari Benyamin San karena di balik kejenakaannya ada pesan yang menarik dari setiap lagunya," tutur suami dari vokalis Mocca tersebut.

Supaya kamu tahu, Hiroaki Kato adalah musisi kelahiran Jepang yang merambah Jadi musisi indie di Indonesia sejak 2006. Namanya mulai dikenal publik setelah ia menggubah lagu Ruang Rindu milik Letto dalam bahasa Jepang dan menjadi viral.

Album pertamanya, selftitled dirilis pada 2017 lalu yang memperkenalkan tiga buah single. Tahun ini ia akan memperkenalkan album terbarunya, dan Beda Selera merupakan salah satu lagu yang akan diceploskan ke dalamnya. 

 

Tags : album musik
Rekomendasi
Tutup