Kenali Penyakit Tulang Rapuh pada Anak

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Bandung, era.id - Penyakit tulang rapuh atau osteogenesis imperfecta (OI) merupakan penyakit langka yang diturunkan secara genetis. Pemicunya adalah adanya proses pembentukan tulang yang tidak sempurna akibat kekurangan kolagen, sehingga memicu tulang menjadi begitu rapuh.

Kewaspadaan terhadap penyakit ini dapat diindentifkasi dari fisik anak. Seperti bentuk kepala segitiga, deretan gigi yang tipis berwarna abu-abu, dan beberapa kasus bagian putih pada mata berwarna kebiruan (blue sklera).

Menurut dokter spesialis endoktrin anak RS Hasan Sadikin, Faizal, jika ciri tersebut ditemukan pada anak harus segera ditangani secara medis.

"Penanganan medis pada anak dengan OI sebetulnya bukan bertujuan untuk menyembuhkan penyakitnya tapi untuk meningkatkan kualitas hidup," kata Faizal dalam keterangan tertulisnya di Bandung, Jumat (22/3/2019).

Faizal menjelaskan penyakit OI tidak bisa disembuhkan karena sifatnya turunan. Meski demikian, kata Faizal, dengan pengobatan medis dapat meminimalkan frekuensi patah tulang.

Dia mengatakan dengan penanganan yang baik, tulang-tulang yang patah akan disambungkan kembali agar tidak ada pembengkokan. "OI bisa muncul pada saat bayi masih dalam kandungan, atau muncul saat bayi sudah lahir," ujar Faizal.

Saat dalam kandungan, lanjut Faizal, sudah bisa diperkirakan seorang anak menderita OI. Caranya ketika USG dapat terlihat adanya tulang bengkok ataupun saat persalinan bayi mengalami patah tulang.

Jika seorang bayi diketahui memiliki kelainan tulang, dapat diduga kemungkinan besar terjangkit OI. Saran buat para orang tua, alangkah lebih baik mengenali penyakit ini daripada mengobatinya. 

Tag: kesehatan tumbuh kembang anak

Bagikan: