Vitamin C Bantu Persingkat Waktu Menginap di ICU

| 01 Apr 2019 08:46
Vitamin C Bantu Persingkat Waktu Menginap di ICU
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Pemberian vitamin C kepada pasien di unit perawatan intensif (ICU) dapat membantu mempersingkat masa inap mereka di sana. 

Demikian dikemukakann peneliti University of Sydney di Australia dan University of Helsinki di Finlandia, melakukan tinjauan sistematis vitamin C untuk pasien ICU.

Dilansir The Indian Express, Senin (1/4/2019), para peneliti mengidentifikasi 18 percobaan terkontrol yang relevan, dan 12 di antaranya dimasukkan dalam meta-analisis pada masa inap. Rata-rata pemberian vitamin C mempersingkat masa inap ICU sebesar 7,8 persen.

Dalam enam percobaan, pemberian vitamin C secara oral dengan dosis rata-rata 2 gram per hari mengurangi lama rawat inap rata-rata sebesar 8,6 persen. 

"Vitamin C adalah nutrisi esensial yang aman dan murah. Mengingat bukti konsisten dari uji coba yang dipublikasikan sejauh ini, vitamin C mungkin diberikan kepada pasien ICU, meskipun studi lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui protokol optimal untuk pemberiannya," kata para peneliti.

"Beberapa penelitian, pilek umum telah mengindikasikan bahwa mungkin ada respon dosis linier untuk vitamin C pada durasi pilek biasa hingga enam dan delapan gram per hari," kata mereka.

"Jelas respon dosis untuk dosis yang lebih tinggi dari dua gram per hari juga harus diselidiki untuk pasien ICU," tambah mereka. 

Mengingat bahwa vitamin C telah menunjukkan beragam efek pada kondisi medis, itu dapat memengaruhi hasil praktis seperti masa menginap di ICU, terlepas dari kondisi medis yang memengaruhi pasien. 

Tags : kesehatan
Rekomendasi