Kenapa Uban Muncul di Usia Muda? Mari Kita Cari Tahu

| 16 Apr 2019 07:49
Kenapa Uban Muncul di Usia Muda? Mari Kita Cari Tahu
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Rambut yang mulai memutih adalah keniscayaan, khususnya ketika kamu memasuki usia lanjut. Tapi, tumbuh uban kadang jadi masalah tersendiri, apalagi kalau uban itu muncul di usia muda. Kadang masalah ini dapat menurunkan kepercayaan diri. 

Dilansir dari The Times of India, Selasa (16/4/2019), polusi bisa jadi penyebab rambut kamu putih. Polutan di lingkungan menghasilkan radikal bebas yang merusak melanin dan meningkatkan laju penuaan rambut.

Selain itu, stres juga bisa bikin rambut kamu putih lebih cepat. Sebab, stres mempercepat kepadatan genetik dan akibatnya mengubah warna rambut. Karena itu, cobalah untuk mengelola stres jika ingin warna rambut kamu tetap sama.

Selanjutnya, rokok. Rokok dapat membuat kamu beruban, meski kamu hanya perokok pasif. Paparan asap rokok dapat berdampak pada warna rambut. Sesuai penelitian yang dipublikasikan pada 2013, orang yang merokok memiliki peluang 2,5 kali lebih tinggi untuk mengubah rambutnya menjadi abu-abu. Karena itu, berhentilah merokok supaya tak tampak tua.

Kemudian, penyebab munculnya uban di usia mudah adalah perubahan hormon. Rambut kamu bisa kehilangan tekstur, kerapatan, dan warnanya seiring waktu karena perubahan hormon. Proses ini umumnya dimulai ketika berusia 30 dan kamu dapat menyaksikan perbedaan mencolok dalam warna rambut Anda.

Kurang gizi juga ternyata dapat membuat cepat ubanan. Jika kamu tidak memasukkan semua nutrisi penting dalam daftar makananmu, maka rambut kamu mungkin mulai memutih pada usia muda. Tingkat vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan rambut menjadi kering, menipis, dan beruban prematur.

Lalu, sejumlah kondisi medis yang membuat uban muncul. Beberapa penyakit autoimun juga bisa membuat rambut kamu menjadi abu-abu. Penyakit autoimun menyerang sel-sel di dalam tubuh dan mengakibatkan rambut beruban prematur.

Dan terakhir, uban yang cepat tumbuh di rambut kamu adalah karena genetika dari orang tua yang juga ubanan di usia muda. 

Rekomendasi