Netflix Masih Bisa Bersaing di Oscar Tahun Depan

| 26 Apr 2019 09:27
Netflix Masih Bisa Bersaing di Oscar Tahun Depan
Ilustrasi (Foto: Twitter @netflix)
Los Angeles, era.id - Netflix tidak akan menghadapi aturan baru yang membatasi kelayakan film-film mereka dalam Oscar, Akademi telah mengkonfirmasi.

Peluang sukses raksasa streaming selama musim penghargaan sebelumnya mengalami ancaman dari para kritikus yang berpendapat bahwa situs tersebut merupakan ancaman bagi masa depan bioskop.

Steven Spielberg adalah salah satu kritikus yang paling terkemuka dan mengklaim film-film Netflix seharusnya dilibatkan dalam Emmys Awards--yang memberikan penghargaan untuk acara televisi yang sukses.

Tapi sayangnya Spielberg absen ketika dewan gubernur Akademi memutuskan untuk mempertahankan aturan poin dua--yang bertanggung jawab untuk menentukan kelayakan di Oscar--pada Rabu (24/4).

Aturan tersebut menyatakan, film apa pun yang memenuhi syarat untuk Academy Awards ke-92 membutuhkan tidak lebih dari satu pekan tayang di sebuah teater di Los Angeles - persyaratan yang sebelumnya ditaati oleh raksasa streaming itu.

Presiden Akademi John Bailey mengatakan: “Kami mendukung pengalaman teater sebagai bagian integral dari seni film, dan ini sangat membebani dalam diskusi kami.

“Aturan kami saat ini membutuhkan pameran teater, dan juga memungkinkan untuk pemilihan luas film yang akan diajukan untuk dipertimbangkan Oscar.

"Kami berencana untuk mempelajari lebih lanjut perubahan mendalam yang terjadi dalam industri kami dan melanjutkan diskusi dengan anggota kami tentang masalah ini."

 

Keputusan itu dibuat pada pertemuan 54 orang dewan gubernur Akademi dan datang setelah film Netflix, Roma meraup tiga hadiah pada Oscar yang dihelat Februari kemarin.

Netflix bisa saja mendapatkan penghargaan lain tahun depan untuk The Irishman - film gangster garapan Martin Scorsese yang dibintangi Robert DeNiro.

Pertemuan itu juga memutuskan, kategori film berbahasa asing diganti namanya menjadi film fitur internasional.

Larry Karaszewski dan Diane Weyermann, ketua Komite Film Fitur Internasional, mengatakan: "Kami telah mencatat bahwa referensi untuk 'Asing' sudah ketinggalan zaman dalam komunitas pembuatan film global.

"Kami percaya, Film Fitur Internasional lebih baik mewakili kategori ini, dan mempromosikan pandangan positif dan inklusif pembuatan film, dan seni film sebagai pengalaman universal."

 

Rekomendasi