Menu dan Pola Buka Puasa yang Sehat

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Waktu berbuka adalah yang paling ditunggu saat puasa Ramadan. Setelah seharian menahan lapar dan haus, bukan berarti makannya bisa sembarangan.

Kamu disarankan makan dan minum untuk mengisi kembali energi yang hilang setelah seharian berpuasa dengan mengonsumi makanan dan minumuman yang sehat.

Dilansir dari Alodokter.com, ada beberapa pola buka puasa yang dianjurkan. 

1. Tidak makan berlebihan

Buka puasa bukan berarti kamu bisa menyantap segala macam makanan yang ada. Sebab, makan berlebihan tidak baik bagi tubuh. 

Untuk mengawali buka puasa, mulailah dengan menyantap beberapa buah kurma atau bisa dengan minum jus buah asli untuk mengembalikan kadar gula darah ke tingkat normal. 

Setelah itu, baru kamu bisa makan makanan dengan menu sehat lainnya. Nikmati menu buka puasa secara perlahan-lahan agar lambung tidak kaget ketika mencerna makanan dan minuman yang masuk.

2. Mengonsumsi menu seimbang

Menu santapan buka puasa sebaiknya mengandung semua kelompok makanan utama, mencakup buah-buahan, sayur-sayuran, protein dari daging, ikan, atau tahu, karbohidrat kompleks dalam bentuk makanan pokok, dan produk olahan susu. 

Mengonsumsi makanan yang kaya serat, seperti sayuran dan buah, terutama saat sahur, sangat penting agar kamu merasa kenyang lebih lama dan tahan seharian.

3. Hindari makanan berlemak dan banyak gula

Disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung banyak gula dan lemak, serta makanan yang digoreng. Sebab, jenis makanan tersebut dapat membuat kamu jadi mudah lesu ketika berpuasa keesokan harinya. 

Selain itu, makanan tinggi lemak sangat mungkin menimbulkan masalah pencernaan dan memicu kenaikan berat badan. Hindari juga minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda.

Minuman tersebut bersifat diuretik yang akan merangsang keluarnya air lebih cepat melalui urine, sehingga tubuh rentan mengalami dehidrasi.

4. Perhatikan cara mengolah makanan

Daripada digoreng, lebih baik makanan buka puasa diolah dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus. Jika kamu terpaksa harus menggoreng, gunakan jenis minyak goreng yang mengandung lemak tak jenuh. Misalnya, minyak zaitun atau minyak kelapa.

5. Minum cukup air putih

Minum air putih sebanyak delapan gelas per hari untuk membuat kamu tetap segar dan terhidrasi selama beraktivitas sambil berpuasa di siang hari.

Selamat berbuka

Tag: eramadan menu sahur dan buka puasa kesehatan

Bagikan: