Yura Yunita Hadirkan Video Musik Berbahasa Isyarat

| 17 May 2019 09:25
Yura Yunita Hadirkan Video Musik Berbahasa Isyarat
Penyanyi Yura Yunita (Maretian/era.id)
Jakarta, era.id - Penyanyi Yura Yunita memberikan kejutan terbarunya di bulan Ramadan ini. Bekerja sama dengan salah satu penggagas komunitas bisu, Yura merilis video klip berbahasa isyarat dari salah satu single-nya yang berjudul Merakit

Adalah Galuh Soekmara Soejanto, pendiri sekolah untuk anak-anak tuna rungu The Little Hijabi, yang menjadi sumber inspirasi dari tercipta video klip milik Yura Yunita tersebut. Pertemuannya yang mengharukan ini, membuat penyanyi yang melejit dengan Cinta dan Rahasia bersama Glen Fredly tersebut, kembali menggarap video dari single yang sebenarnya sudah memiliki video klip sejak tiga bulan lalu. 

Kepada era.id, dia mengatakan, lagu ini dipilih karena memiliki satu nada dengan perjuangan Galuh dan komunitas tuli yang memiliki perjuangan hidup yang tidak semua orang alami. Di sisi Yura Yunita sendiri, lagu Merakit merupakan lagu yang dibuat ketika ia harus berjuang setelah impiannya sempat dihalangi seseorang dengan waktu yang cukup lama. 

"Lagu ini mungkin terdengar 3,5 menit saja, tapi isi lagu itu merupakan perjuangan saya selama bertahun-tahun setelah sebelumnya dihalang-halangi. Lagu ini sangat powerfull dan aku pengin teman-teman yang tuli juga merasakan semangatnya," ujar Yura.

Untuk merasakan kekuatan lagu tersebut, Galuh yang juga mengalami ketulian tersebut meminta Yura Yunita menyanyikan lagu tersebut, sementara ia memegang bagian dada dan punggung Yura. 

"Jadi Bunda Galuh minta saya nyanyi, terus beliau memegang dada dan punggung saya untuk merasakan getaran nada. Setelah itu beliau menangis dan mengatakan bahwa indah sekali bisa mendengarkan nyanyian," tutur Yura yang juga berkaca-kaca.

Untuk membuat video klip tersebut, Yura belajar bahasa isyarat melalui Galuh dan bertemu muka. Meskipun baru bertemu dua kali, Yura ternyata dengan cepat bisa menguasainya. 

"Aku itu baru bertemu Bunda Galuh dua kali yang ia datang ke rumah saya. Katanya bunda aku termasuk cepat belajar. Biasanya orang yang belajar bahasa isyarat ke Bunda itu bisa sampai berbulan-bulan. Nah, saya baru ketemu dua kali sudah bisa menguasainya," tutupnya. 

Dalam video klipnya sendiri, Yura Yunita juga tidak tampil sendiri. Ia berduet dengan Bunda Galuh yang juga turut menyanyi dalam bahasa isyarat. Hasilnya pun sangat sarat makna. Meskipun lagu versi aslinya upbeat dan riang, namun di video kali ini suara musik dan vokal dihilangkan. Cara yang disampaikan tentu membuat siapa pun terharu. 

Tags : album musik
Rekomendasi