Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

| 17 May 2019 09:47
Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Ilustrasi (Pixabay)
Lausanne, Swiss, era.id - Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla (JK) melakukan pertemuan dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, di Swiss. Pertemuan ini membahas kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Saya percaya diri bahwa Indonesia akan menjadi salah satu kandidat kuat untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," kata JK saat bertemu Bach di Museum Komite Olimpiade Internasional yang berlokasi di Lausanne, Swiss dilansir Antara, Jumat (17/5/2019).

Menurut JK, Indonesia ingin berdialog dengan IOC melalui Komite Olimpiade Nasional Indonesia untuk membahas langkah-langkah serta pengaturan lebih lanjut yang dapat dilakukan dalam memastikan persiapan kejuaraan olahraga dunia itu.

JK juga memaparkan, Indonesia berpartisipasi aktif dalam forum olahraga internasional yang dilakukan dengan mendukung prinsip-prinsip sportif yang berlaku secara global, netral dan tidak diskriminatif, serta menegakkan tata pemerintahan yang baik, dan juga mendukung kesetaraan gender.

"Indonesia percaya bahwa olahraga dan acara olahraga dapat berfungsi sebagai sarana yang efektif untuk mencapai target dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan bahkan berkontribusi terhadap perdamaian," kata dia.

Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 melalui surat Presiden Republik Indonesia kepada President of The International Olympic Committee (IOC) pada 20 September 2018. 

"Kami berharap dapat bertemu dengan anda pada waktu dekat untuk membahas pencalonan kami menjadi tuan rumah Olimpiade XXXV pada 2032," ujar JK.

Sejumlah pejabat yang mendampingi JK saat pertemuan tersebut, di antaranya Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman D. Hadad, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Erick Thohir, dan Muhammad Luthfi.

Rekomendasi