Jepang dan Rusia Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Tim Editor

Bendera merah putih di closing ceremony (Foto: ANTARA/INASGOC)

Jakarta, era.id - Indonesia sudah memastikan siap maju dalam perebutan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Gayung bersambut, dukungan dari negara-negara sudah mulai berdatangan.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii mendukung Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Asian Games 2018 yang banjir pujian menjadi bukti negeri ini sanggup menggelar event berskala internasional dengan sukses.

"Saya mengucapkan selamat atas penyelenggaraan Asian Games 2018, selanjutnya saya menunggu Olimpiade 2032 diadakan di Indonesia," kata Dubes Ishii saat hadir di Jak-Japan Matsuri 2018, Plaza Tenggara Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (8/9) kemarin dilansir Antara.

Selain Jepang, dukungan untuk Indonesia menyelenggarakan Olimpiade 2032 juga mengalir dari Rusia. Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva memuji keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan perhelatan multiolahraga terbesar kedua di dunia Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September lalu.

"Melihat kesuksesan ini, kami berharap Indonesia berhasil dalam pencalonan sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas 2032," tutur Vorobieva di Jakarta, Rabu (5/9) lalu.


Maskot Asian Games 2018 yang bikin gemes (Foto: ANTARA/INASGOC)

Rencana Indonesia mau jadi kandidat tuan rumah Olimpiade 2032 sudah diucap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kala itu, Jokowi sedang bertemu Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Istana Bogor, 1 September lalu.

Bach saat itu memang mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi atas keberhasilan besar Asian Games 2018 di Indonesia yang sangat mengesankan. Tak hanya soal penyelenggaraan, tetapi juga partisipasi masyarakat serta para relawan yang dalam jumlah sangat besar digerakkan dan bisa diorganisasi.

"Oleh karena itu, IOC sangat menghargai pencalonan Indonesia untuk Olimpiade 2032 dengan melihat kesuksesan penyelenggaaraan Asian Games 2018 ini," katanya.

Tag: asian games 2018

Bagikan: