Ciptakan Kopi Enak Tak Harus Bergelar Barista

Tim Editor

Ilustrasi (Foto: Lui/era.id)

Bandung, era.id - Menikmati secangkir kopi dengan cita rasa berkelas, saat ini sangatlah mudah. Menjamurnya para pemula dalam meracik kopi, membuat kita bisa mendapatkan kopi yang benar-benar berasal dari biji berkualitas. Sembari santai dan mengoptimalkan yang namanya 'me time'.

Bagi Cordinatoor F&B Scarlet Bukit Pakar Hotel Dago, Bandung, Cahya Kardono, yang paling penting dalam meracik kopi adalah passion dan feeling. "Walau sudah belajar kemudian mendapatkan gelar barista dan memiliki peralatan komplit, belum tentu mampu meracik kopi berkelas," jelas Cahya.

Sekarang, saking banyaknya yang menyukai kopi, peralatan seperti alat penghancur kopi atau grinder, alat untuk vietnam drip, sampai mesin pembuat kopi otomatis sudah banyak dijual walaupun harganya lumayan fantastis.

"Peralatan membuat kopi memang banyak. Namun untuk pemula cukup menggunakan mesin penggiling kopi atau grinder berukuran kecil, bisa langsung dibuat dengan menuangkan air panas," papar Cahya.

Dalam proses penggilingan biji kopi yang akan diracik, enggak harus menggunakan takaran yang banyak. Katanya kopi yang baru digiling akan menghasilkan aroma yang sangat kuat.

Kalau baru punya mesin penggiling, membuat kopi tubruk pun menjadi salah satu cara menikmati secangkir kopi. Dengan mengendapkan kopi yang sudah dicampur dengan air panas, kamu bisa bersantai sambil meneguk kopi.

"Proses pengendapan dalam membuat kopi tubruk yang dilakukan oleh pemula tetap menghasilkan rasa kopi nikmat, selama tidak menggunakan tambahan cream atau gula, penikmat kopi tetap mendapatkan sensasi menikmati secangkir kopi," katanya.

Untuk tahap pemula, membuat kopi menjadi kepuasan tersendiri. Walaupun baru bisa membuat kopi tubruk, tapi menggunakan perasaan yang tulus dan indera perasa yang peka, pasti akan mendapatkan kopi yang enak.

Cahya juga menyarankan, jika baru pertama kali minum kopi. Kamu bisa menggunakan biji kopi robusta, salah satunya biji kopi yang berasal dari Lampung. 

"Di My Kopi Cafe yang juga berada di kawasan Scarlet, saya menggunakan kopi asal Lampung, cita rasanya seperti arabica dan dilihat dari warnanya hitam pekat, namun aman di perut karena kandungan kafein stabil jika diracik dengan tepat," jelasnya.

Menurutnya kopi adalah minuman yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Jadi, untuk membuatnya jangan dipersulit agar semua orang bisa merasakan nikmatnya meminum kopi.

Tag: kopi gayo

Bagikan: